Tiba di Kaltim, Gubernur Jabar Hingga Jatim Ungkap Cerita Soal Air-Tanah yang Dibawa Untuk IKN
Instagram/pemprov_kaltim
Nasional

Presiden Jokowi sendiri telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi pada Minggu pukul 16.00 WITA.

WowKeren - Para gubernur mulai berdatangan di Kalimantan Timur untuk menghadiri acara kemah Presiden Joko Widodo di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Para gubernur tersebut telah diminta untuk membawa air dan tanah dari daerah asal mereka masing-masing.

Nantinya, air dan tanah tersebut akan dikumpulkan dalam satu wadah dan kemudian disimpan di IKN Nusantara. Pemprov Kalimantan Timur pun membagikan foto-foto para gubernur yang telah tiba di Kaltim.

Beberapa gubernur yang telah mendarat di Kaltim per Minggu (13/3) antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jambi Al Haris. Para gubernur dan wagub yang hendak ke IKN disambut oleh jajaran Pemprov Kaltim di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Adapun Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku telah membawa tanah dan air yang dikumpulkan dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Tanah dan air tersebut nantinya akan diserahkan secara simbolis kepada Presiden Jokowi dalam ritual "Kendi Nusantara".


"Undangan Presiden sangat kami hormati. Kami membawa tanah dan air dari 27 kabupaten dan kota yang kami kumpulkan di Bandung," ungkap gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut. "Ini menyimbolkan, tanah dan air dari Jawa Barat akan bersatu dalam tanah Ibu Kota Nusantara."

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah membawa air dan tanah dari keraton barat dan timur Mojopahit ke IKN. Sedangkan khusus air, Khofifah membawa air dari tujuh sumber Panguripan, Jalatunda, Brantas hingga kawasan lainnya.

"Kami bawa air dan tanah dari keraton barat dan timur Mojopahit, Kedaton dan Gumitir," terang mantan Menteri Sosial tersebut. "Ini penting, sebab kata Nusantara ada dalam Sumpah Palapa yang diikrarkan Patih Gajah Mada. Dan pulau-pulau di berbagai provinsi di Indonesia akan tetap terus menyatu di IKN."

Di sisi lain, Presiden Jokowi sendiri telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi pada Minggu pukul 16.00 WITA. Rencananya, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada para gubernur di Hotel Novotel Balikpapan malam ini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait