Gubernur Sulteng Berakhir Pingsan saat Ikuti Ritual Kendi Nusantara, Kelelahan Usai Naik Bukit?
Instagram/rusdy_mastura
Nasional

Gubernur Sulawesi Tengah, Rudy Mastura berakhir pingsan usai mengikuti prosesi Kendi Nusantara di IKN. Sementara itu, sejumlah pemimpin daerah lain dikabarkan juga terlihat kelelahan.

WowKeren - Presiden Jokowi bersama para gubernur di seluruh wilayah di Indonesia atau yang mewakili baru saja melangsungkan ritual Kendi Nusantara. Dalam prosesi itu, tanah dan air dari berbagai provinsi di Tanah Air disatukan sebagai wujud simbol penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantara.

Namun ada sedikit insiden dalam acara tersebut. Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rudy Mastura pingsan usai proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin (14/3) dilakukan. Rudy Mastura terlihat dibopong menuju tenda karena lemas. Meski begitu, Rudy Mastura untungnya tidak sampai harus dibawa ke rumah sakit.

"Ya sempat pingsan tadi. Enggak dibawa ke rumah sakit. Ditangani di sini saja, lengkap alat kesehatan," ujar Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Syafranudin pada Senin (14/3).

Sesaat setelah pingsang, Syafranudin menyebut Gubernur Rudy Mastura langsung mendapatkan penanganan oleh tim medis yang memang siaga sejak acara Kendi Nusantara dimulai. Prosesi tersebut berada di bawah dan setelah usai para peserta kegiatan melewati tanjakan. Syafranudin mengungkap bahwa Rudy Mastura kemungkinan pingsan karena kelelahan harus menaiki bukit.


"Pingsan sebentar saja. Kelelahan kan naik tanjakan. Jadi maklum saja. Pingsan diduga kelelahan karena naik bukit, panas," terangnya.

Syafranuddin juga mengungkap bahwa tak hanya Rudy Mastura yang terlihat lemas. Beberapa kepala daerah lain juga tampak lelah. Hal ini diduga karena cuaca di IKN memang panas saat ritual tersebut berlangsung pada Senin pagi hingga siang.

Kendati demikian, Syafranudin memastikan hanya satu kepala daerah yang pingsan. "Hanya Gub Sulteng saja yang pingsan. Lain Cuma kelelahan saja," pungkasnya.

Saat membawa tanah dan air kepada Presiden Jokowi untuk dimasukkan ke gentong, Gubernur Rudy terlihat sehat. Diduga karena cuaca yang terik serta proses ritual yang lama membuat mantan wali kota Palu tersebut lemas.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait