'Kapok' Pakai Pawang, Sandiaga Uno Ungkap Cara Canggih Cegah Hujan di MotoGP Mandalika 2022
Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya sempat menyewa jasa pawang untuk mencegah hujan di gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada November 2021 lalu. Sayangnya, hujan tetap turun.

WowKeren - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merasa "kapok" menggunakan jasa pawang hujan di Sirkuit Mandalika, NTB. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu rupanya sudah sempat menyewa jasa pawang untuk mencegah hujan di gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada November 2021 lalu. Sayangnya, hujan tetap turun.

"Mengenai hujan, waktu World Superbike itu ada pawang tapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia karena pawangnya, tetap hujan," ungkap Sandiaga dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu (16/3).

Oleh sebab itu, Sandiaga berharap kondisi cuaca bersahabat selama gelaran MotoGP Mandalika pada 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang. Ia berharap hujan tidak turun seperti saat gelaran WSBK.

"Kami memohon doa karena MotoGP ini kita sudah siapkan, baru kemarin kita merampungkan rapat sinkronisasi putaran ke-12 semuanya sudah ready to go 100 persen," ungkapnya. "Namun tentunya kita harus berdoa kepada Allah karena cuaca ini jadi sesuatu yang perlu kita antisipasi juga."


Agar kejadian saat WSBK tak kembali terulang, Sandiaga pun menyiapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Teknologi ini melibatkan sejumlah lembaga seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta TNI AU.

"Jadi memang ini yang terus kita upayakan dengan TMC, melibatkan BRIN, BMKG dan TNI/AU kita harapkan bisa membantu memitigasi situasi," katanya.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo diagendakan hanya akan menghadiri satu hari gelaran MotoGP Mandalika. "Saya akan lihat, tetapi mungkin hanya satu hari saja. Jumat, Sabtu, Minggu. Saya hanya sehari," ungkap Jokowi usai melepas parade pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Rabu.

Jokowi pun berharap agar ajang balap motor bergengsi ini bisa menjadi brand baru untuk Indonesia. Jokowi berharap Indonesia dikenal dengan sirkuit MotoGP yang tak kalah dengan negara-negara lain.

"Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang sudah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain," tukasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru