Kepala Otorita Siapkan Rencana Agar IKN Tak Jadi Kota Hantu: Yang Pindah ke Sana Pahlawan Lo
https://ikn.go.id/
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Kepala dan Wakil Otorita IKN Nusantara menyampaikan rencana mereka untuk membangun Ibu Kota Baru menjadi kawasan maju serta elit. Masyarakat lokal pun direncanakan akan ikut berpartisipasi.

WowKeren - Setelah terpilih menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susanto pun kini punya rencana membangun rusun yang tak biasa di Ibu Kota baru tersebut. Rusun itu nantinya bakal dilengkapi kedai kopi terkenal hingga minimarket guna memudahkan masyarakat yang tinggal di sana. Salah satu tujuannya, agar IKN Nusantara di Kalimantan Timur nanti tak menjadi kota hantu.

"Kita ingin rusun yang di bawahnya ada Starbucks-nya, ada supermarketnya, ada tempat kidzania-nya," kata Bambang dalam diskusi daring dengan Transmedia, Kamis (17/3).

Bambang menngungkap bahwa rencana itu ditujukan untuk menyokong kehidupan masyarakat yang akan pindah ke ibu kota baru. Pasalnya, ia menilai bahwa seluruh warga yang akan tinggal di IKN harus mendapatkan fasilitas terbaik. Apalagi menurut Bambang, warga yang akan pindah ke IKN Nusantara adalah para pahlawan.

"Yang pindah kesana ini pahlawan-pahlawan lho. Jangan dia disuruh pindah terus nanti bingung 'ini anak saya sekolah dimana, kemudian rumah sakitnya seperti apa'. Kita ingin sekolah-sekolah juga ada pilihannya. Sekolah negeri ada, tapi juga ada yang elit gitu misalnya. Punya prestige," ungkapnya.


Selain itu, dalam menciptakan programnya, Bambang juga ingin melibatkan langsung masyarakat lokal. Misalnya berupa program guna meningkatkan kemampuan dan memberikan pelatihan. Dia tak mau warga setempat hanya menjadi penonton di tengah pembangunan dan kemajuan IKN Nusantara.

"Kita ingin agar para penduduk yang sudah ada disana itu enggak cuma jadi penonton. Dari awal itu kita ingin mereka di reskilling dan upskilling kalau bisa. Artinya ada satu community empowerment yang kita bangun untuk mereka," bebernya.

Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe juga menyampaikan hal serupa. Dhony ingin menciptakan perkampungan wisata yang canggih di IKN. Dia berharap semua pihak terkait turut mendukung visinya nanti.

"Ini yang penting mimpinya bisa kita jahit. Kemudian masing-masing bisa berperan. Masyarakatnya, tokoh-tokohnya, pemerintahnya, semua kita jahit dalam suatu mimpi indah. Membuat perkampungan wisata yang smart. Itu sudah ketemu komunitas-komunitas yang bisa mendukung," tuturnya.

Diketahui bahwa sejumlah pihak sempat khawatir IKN Nusantara akan menjadi kota yang sepi. Mereka memprediksi IKN akan menjadi "kota hantu" seperti Naypidaw, ibu kota negara baru di Myanmar.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts