Korea Selatan Bakal Bantu Garap Perencanaan Rumah ASN di IKN Bareng PUPR?
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkap rencana kerja sama dengan Korea Selatan terkait pembangunan perumahan ASN di Ibu Kota Negara baru.

WowKeren - Korea Selatan dilirik sebagai salah satu contoh dalam pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. Terbaru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan (Korsel) untuk pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kerja sama itu dilakukan dalam pembentukan rencana dasar dan studi kelayakan pembangunan rumah Apratur Sipil Negara (ASN) di ibu kota negara. Kerja sama juga dilakukan terkait teknis pemindahan ibu kota negara.

Untuk menjalankan kerja sama itu, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo telah bertemu dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi (Molit) Korsel, Yun Seong-won. Pertemuan itu untuk membahas pembentukan rencana dasar dan studi kelayakan pembangunan perumahan ASN dan perpanjangan nota kesepahaman (MoU) bantuan teknis Korsel untuk pemindahan Ibu Kota.

Wempi mengungkap bahwa pembahasan kerja sama infrastruktur antar kedua negara dapat berupa berbagi ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pengembangan ibu kota.


"Meskipun di tengah pandemi COVID-19 dan ada beberapa program yang pelaksanaannya bergeser, kami harap kerja sama ini tetap bisa terlaksana dengan baik," ujar Wempi dikutip dari laman resmi PUPR, Senin (28/3).

Berkaitan dengan perumahan ASN, Wempi mengatakan bahwa kerja sama dilakukan dalam bentuk bantuan teknis pembangunan kompleks perumahan ASN di IKN. Bantuan dapat berupa pelatihan daring bagi ASN Kementerian PUPR untuk mempelajari konsep desain dan operasionalisasi kompleks perumahan yang berkelanjutan. Ia berharap dengan kerja sama ini, ASN PUPR diharapkan dapat melakukan pelatihan secara langsung di Korea Selatan.

"Kami harap pertemuan sore ini dapat mempererat persahabatan dan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan Korea Selatan, khususnya di bidang pembangunan infrastruktur," harapnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah mendiskusikan pembangunan IKN dengan negara-negara yang berpengalaman. Korea Selatan menjadi salah satu kiblat Indonesia yang berpengalaman membangun Ibu Kota baru selain Seoul, yakni Sejong.

"Ya jadi kebetulan Korea Selatan menjadi mitra pembangunan kita dan Korea Selatan juga berpengalaman membangun ibu kota baru selain Seoul," pungkas Sekretaris Jenderal PUPR, Mohammad Zainal Fatah saat ditemui di Bogor pada Rabu (23/3).

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts