Tiket Kereta Lebaran Sudah Bisa Dipesan, PT KAI Beber Telah Terjual 40 Persen
Instagram/keretaapikita
Nasional

Mudik Lebaran menjadi salah satu tradisi umat Islam di Indonesia. Maka tak heran jika jauh-jauh hari, pemesanan tiket transportasi umum dalam rangka mudik sudah dibuka, termasuk PT Kereta Api Indonesia (Persero).

WowKeren - PT KAI Daop 1 diketahui telah mulai membuka penjualan tiket kereta Lebaran. Sejauh ini, pihaknya mengungkapkan telah menjual sekitar 96.878 tiket atau 40 persen dari total tiket untuk keberangkatan periode 22-30 April 2022.

Sementara itu, Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan bahwa tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih masyarakat yakni 28 hingga 30 April 2022. Hal ini diketahui lantaran Lebaran kemungkinan akan jatuh pada awal Mei 2022.

"Sampai dengan 31 Maret, pantauan Daop 1 Jakarta untuk Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek secara total terdapat sebanyak 96.878 tiket KA Jarak Jauh telah terjual," ujar Eva dalam keterangan resmi, Kamis (31/3).

Dengan begitu, artinya bahwa per Kamis (31/3), masih terdapat sekitar 60 persen atau 144 ribu tiket kereta api untuk periode keberangkatan sampai dengan 30 April 2022.


Seperti yang diketahui, masyarakat sudah bisa membeli tiket untuk perjalanan H-45 sebelum keberangkatan atau untuk tanggal keberangkatan 1 April-16 Mei 2022, dan seterusnya di berbagai platform resmi KAI. "Masyarakat masih dapat melakukan pemesanan tiket masa angkutan Lebaran dengan ketersediaan yang cukup banyak," imbuhnya.

Lebih lanjut, Eva menerangkan bahwa PT KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran untuk perjalanan kereta api ditetapkan H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022. Pada periode ini, dari area Daop 1 Jakarta untuk perjalanan KA Jarak Jauh diprogramkan akan terdapat sekitar 57 perjalanan KA per hari.

Namun dibatasi dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 33.028 per hari. "Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen," papar Eva.

Eva mengatakan bahwa pihaknya mengimbau agar calon pelanggan agar teliti dalam mengisi data seperti tanggal, rute, dan data personal pada saat melakukan pemesanan. Termasuk juga melakukan perencanaan perjalanan sebaik mungkin dengan mengestimasi perjalanan menuju ke stasiun dan mengecek kembali jadwal keberangkatan KA agar tidak salah dan berdampak tidak bisa mudik Lebaran.

Mengingat Lebaran tahun ini Indonesia masih berada dalam pandemi COVID-19, maka KAI secara konsisten mengingatkan penumpang untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga dilakukan untuk menciptakan perjalanan yang aman, nyaman, dan sehat.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait