Wujud Semangat Toleransi, Wihara Tertua di Jakarta Gelar Buka Puasa Bersama Selama 2 Minggu Lebih
AFP/Adek Berry
Nasional

Wihara tertua di Jakarta menunjukkan semangat toleransi lewat kegiatan buka puasa bersama. Pihak wihara menyiapkan sekitar 300 porsi makanan buka puasa setiap harinya.

WowKeren - Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang memiliki berbagai latar belakang dan agama yang berbeda. Meski begitu, masyarakat Indonesia juga dikenal dengan persatuan dan toleransi terhadap berbagai perbedaan tersebut. Wujud semangat toleransi itu pun salah satunya ikut terlihat selama bulan Ramadan.

Perwujudan toleransi beragama ditunjukan di Vihara Dharma Bhakti, di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan, di kawasan pecinan Glodok, Jakarta Barat. Wihara yang telah berusia 3,5 abad itu bakal menggelar buka puasa bersama untuk umat islam selama lebih dari dua pekan.

"Berdasarkan kolaborasi dengan paguyuban wihara, digelar kegiatan buka puasa bersama di Vihara Dharma Bhakti dari tanggal 4 sampai 20 April 2022," ujar Camat Taman Sari, Agus Sulaeman kepada wartawan, Selasa (5/4) kemarin.

Kegiatan buka puasa bersama itu digelar untuk mempererat toleransi antar umat beragama di kawasan Taman Sari. Agus menjelaskan bahwa setiap harinya, pihak wihara akan menyediakan sekitar 300 porsi makanan untuk umat islam yang mau berbuka puasa di sana.


Setiap orang yang membutuhkan makanan untuk berbuka pun diperkenankan datang. Namun, Agus juga mengingatkan akan kewajiban bagi para pengunjung untuk saling menghormati, menjaga kebersihan, dan yang terpenting menerapkan protokol kesehatan.

Selain di Vihara Dharma Bhakti, rupanya ada rencana untuk melakukan kegiatan serupa di lokasi lain. Agus juga berencana mengajak komunitas dan rumah ibadah lain untuk terlibat dalam kegiatan yang mempererat toleransi beragama di kawasan tersebut.

Tidak hanya di bulan ramadhan, hari-hari besar umat beragama lainnya juga diharapkannya dapat turut didukung. Dengan adanya kegiatan serupa, Agus berharap kerukunan antar umat beragama di kawasan Taman Sari bisa semakin erat.

Selain menyediakan makanan berbuka puasa, di Vihara Dharma Bhakti juga akan digelar sentra vaksinasi COVID-19 ketiga atau booster. Agus berencana dapat menyediakan setidaknya 500 dosis vaksin untuk warga umum di wihara tertua se-Jakarta itu.

"Kita pastikan kegiatan ini dibuka bukan hanya untuk warga Taman Sari saja tapi terbuka untuk warga umum," pungkas Agus.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait