Isu 3 Periode Didemo Massa, Jokowi Ungkap Perkiraan Anggaran Pemilu dan Pilkada 2024
presidenri.go.id
Nasional

Presiden Joko Widodo sendiri telah menyampaikan bahwa Pemilu akan tetap digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Kekinian, Jokowi juga telah mengungkapkan perkiraan anggaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

WowKeren - Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa pada Senin (11/4) hari ini dan menuntut elite politik untuk menolak penundaan Pemilu 2024 maupun wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Demo hari ini digelar di depan Gedung DPR RI.

Presiden Joko Widodo sendiri telah memutuskan bahwa Pemilu akan tetap digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Jokowi karena tidak ingin ada spekulasi terkait penundaan Pemilu.

Kekinian, Jokowi juga telah mengungkapkan perkiraan anggaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Menurutnya, anggaran tersebut mencapai Rp 110,4 triliun.

"Pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak November 2024 diperkirakan butuh anggaran sampai Rp 110,4 triliun, untuk KPU Rp 76,6 triliun dan Bawaslu Rp 33,8 triliun," cuit Jokowi akun Twitter resminya pada Senin hari ini. "Saya minta untuk dihitung lagi lebih detail, baik APBN maupun APBD, agar dapat dipersiapkan secara bertahap."


Jokowi Perkirakan Anggaran

Twitter/@jokowi

Sebelumnya, Jokowi telah meminta jajarannya untuk menyampaikan kepada publik bahwa jadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak sudah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar tidak muncul isu lain seperti adanya upaya penundaan Pemilu di masyarakat.

"Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan Presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode," papar Jokowi dalam Ratas mengenai Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Minggu (10/4).

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pada 12 April 2022 nanti, KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 akan dilantik untuk segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Oleh sebab itu, pemerintah akan segera membahas berbagai persiapan pemilu dan pilkada dengan kedua institusi tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru