BEM SI Tegaskan Bukan Dalang Kerusuhan Demo 11 April, Provokator-Penyusup Muncul Usai Aksi Bubar
Nasional

BEM SI menyampaikan aksi demo 11 April kemarin berjalan lancar dan kondusif. Pihak BEM SI pun menyatakan bahwa aksi kerusuhan saat demo bukan ulah massa mereka.

WowKeren - Demo mahasiswa 11 April kemarin berakhir dengan diwarnai sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan sejumlah massa. Salah satu aksi kekerasan yang parah dialami pegiat media sosial, Ade Armando. Meski begitu, pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) menegaskan bahwa aksi kekerasan dan kerusuhan kemarin bukan berasal dari massa mereka.

Koordinator Media BEM SI, Luthfi menyebutkan, aksi 11 April berjalan lancar. Ia juga mengaku tuntutan mahasiswa tersampaikan dengan baik.

"Alhamdulillah aksi hari ini berjalan lancar dan kondusif, kami mulai aksi pukul 12.00 WIB dan bubar pada pukul 15.30 WIB," ujar Luthfi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (11/4) malam.

Diketahui, aksi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) ini merupakan lanjutan dari aksi BEM SI pada 28 Maret 2022 lalu. Inti aksi 11 April yakni menolak wacana penundaan pemilu atau amendemen UUD 1945, mengkaji ulang UU IKN dan menjaga stabilitas harga bahan pokok.


Aspirasi BEM SI ini diterima langsung pimpinan DPR, Sufmi Dasco, Rahmat Gobel, dan Lodewijk didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dalam orasi di depan pimpinan DPR dan Kapolri, Koordinator Pusat BEM SI Kaharuddin mengungkapkan, aspirasi ini murni dari suara rakyat untuk disampaikan ke wakil rakyat.

"Kami meminta pimpinan DPR di sini mewakili suara rakyat bukan suara partai politik," ujar Kahar menegaskan.

Setelah aspirasi diterima dengan baik, massa dari BEM SI membubarkan diri. Setelah itulah, lalu mulai muncul keributan dan kerusuhan. Luthfi pun menegaskan bahwa kerusuhan itu bukan ulah massa BEM SI, tapi ada oknum provokator dan penyusup.

"Kerusuhan itu bukan oleh kami dari BEM SI, aksi kami damai dan sudah tersampaikan aspirasinya dengan baik, Setelah kami bubar baru mulai berdatangan oknum provokator dan penyusup," pungaks Luthfi.

Aksi demo berjalan baik dan damai karena mendapatkan pengawalan ketat aparat kepolisian sehingga aspirasi BEM SI dapat tersampaikan dengan baik kepada pimpinan DPR. Luthfi pun menyampaikan pihak BEM SI akan terus mengawal semua tuntutan ini sampai tuntas.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait