Sampai Ganti Lirik, Agensi Minta Maaf Soal 'Anthem of Teen Spirit' EPEX Disebut Bahas Nazi Jerman
C9 Entertainment
Musik

C9 Entertainment langsung memberikan pernyataan resmi terkait dengan anggapan bahwa konsep di lagu 'Anthem of Teen Spirit' milik EPEX berhubungan dengan Nazi Jerman.

WowKeren - EPEX baru-baru ini diketahui comeback dengan mini album ketiga mereka, "Prelude of Anxiety Chapter 1. 21st Century Boys". Pada album ini, "Anthem of Teen Spirit" menjadi lagu utama EPEX.

Sayang, tak lama usai music video (MV) "Anthem of Teen Spirit" dirilis justru menuai kontroversi. Pasalnya, pada lirik di menit ke-1 detik ke-59 terdapat lirik "Crystal Knight is coming" dan beberapa lirik lain yang bermasalah. Hal ini sontak membuat keseluruhan konsep mulai dari MV hingga kostum dipertanyakan.

Hal ini sontak langsung dihubungkan dengan tragedi yang dilakukan Nazi Jerman, Kristallnacht yang terjadi di tanggal 9-10 Nov 1938. Ini diketahui adalah peristiwa di mana pasukan Nazi membantai orang-orang Yahudi tanpa intervensi dari otoritas Jerman..

Lirik lagu EPEX \'Anthem of Teen Spirit\' disorot

Sumber: C9 Entertainment

Ini sontak langsung menuai kontroversi lantaran dinilai tidak memberikan penghormatan kepada para korban. C9 Entertainment akhirnya memberikan klarifikasi terkait dengan konsep "Anthem of Teen Spirit" tersebut hari ini, Rabu (13/4).

C9 Entertainment memastikan bahwa penggunaan lirik tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan Nazi Jerman. Agensi EPEX itu juga memutuskan untuk mengganti lirik yang kontroversi demi penghormatan secara tidak langsung kepada korban Kristallnacht.


C9 Entertainment memberikan penjelasan terkait lirik lagu comeback EPEX

Sumber: C9 Entertainment

C9 Entertainment menerangkan bahwa keseluruhan konsep "Anthem of Teen Spirit" berasal dari beberapa film hingga teori fisik. Kebanyakan terinspirasi dari buku George Orwells yang dirilis di 1949.

Lirik "The night in the crystal" adalah untuk menggambarkan kehidupan realistis anak muda dengan menggunakan sebuah metafora. Meski begitu, C9 Entertainment meminta maaf karena tidak mencaritahu lebih detail terkait dengan penggunaan lirik kontroversi sehingga menimbulkan rasa khawatir.

Lirik lagu EPEX \'Anthem of Teen Spirit\' diubah

Sumber: C9 Entertainment

Beberapa lirik yang kontroversi akan diganti sepenuhnya. Misalnya, pada lirik "Crystal Night is coming" yang pelafalannya sangat mirip dengan "Kristallnacht" pun akhirnya langsung diganti menjadi "Crystal Light is coming". C9 Entertainment juga memastikan EPEX telah melakukan rekaman ulang dengan menggunakan lirik baru.

C9 Entertainment juga akan mengurus mengenai perubahan ini di perusahaan penyedia musik sesegera mungkin. C9 Entertainment berjanji akan lebih teliti dan memberikan perhatian terhadap konsep EPEX agar tak menyakiti siapa pun.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel