11 Aplikasi di Play Story Diduga Curi Data Pengguna, Kemenkominfo Ikut Selidiki
Pxhere
Nasional

Waspadai 11 aplikasi di Google Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi pengguna. Kini Kemenkominfo pun ikut turun tangan menyelidiki persoalan tersebut.

WowKeren - Sejumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store diduga telah melakukan pencurian data pengguna. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kini sedang mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi secara ilegal yang dilakukan oleh beberapa aplikasi tersebut. Kemenkominfo nantinya juga akan bekerja sama dengan kepolisian.

"Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku," ungkap Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi dalam siaran pers, Kamis (21/4).

Selain itu, pihak Google juga telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data penggunanya secara tanpa hak. Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store.

Dedy pun meminta masyarakat untuk ikut memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak tersebut dan melakukan langkah pengamanan. "Antara lain seperti, memutakhirkan sistem keamanan perangkat," terang Dedy.


Dedy juga meminta masyarakat melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi tanpa hak tersebut. Jika aplikasi telah tampil kembali di Google Play Store dan menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak.

“Tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan," tegas Dedy.

Sebelumnya, Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menemukan ada sejumlah aplikasi yang mampu mencuri data pribadi pen-download-nya. Aplikasi tersebut ada yang bernuansa Islami, khususnya aplikasi azan dan mengaji. Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

Kesebelas aplikasi tersebut antara lain, Speed Camera Radar, Al-Moazin Lite (Prayer Times), WiFi Mouse (remote control PC), QR & Barcode Scanner, Qibla Compass - Ramadan 2022, Simple Weather & Clock Widget, Handcent Nex SMS-Text w/MMS, Smart Kit 360, Al Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio, Full Quran MP3 - 50+ Language & Translation Audio dan Audiosdroid Audio Studio DAW.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru