Erick Thohir Sebut Ada Mafia Bibit, NasDem Akan Desak Mentan Syahrul Yasin Mundur Jika Terbukti
Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir diminta untuk menjelaskan secara spesifik terkait tudingan keberadaan mafia bibit itu oleh Partai NasDem. Erick menyebut mafia-mafia itu membuat bibit yang diterima petani salah sehingga kualitas hasil panen menurun.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat mengungkapkan adanya mafia bibit di sektor pertanian. Menurutnya, mafia-mafia tersebut membuat bibit yang diterima petani salah sehingga kualitas hasil panen menurun.

"Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapat bibit yang hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak menghasilkan yang baik," ungkap Erick kala memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Sabtu (23/4).

Kekinian, Erick diminta untuk menjelaskan secara spesifik terkait tudingan keberadaan mafia bibit itu oleh Partai NasDem. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis Hermawi Taslim, partainya akan meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mundur dari jabatannya apabila tudingan tersebut terbukti benar.

"Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka Nasdem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah mencederai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau," tutur Hemawi dalam siaran pers pada Minggu (24/4).


Diketahui, Mentan Syahrul memang merupakan kade Partai NasDem. Oleh sebab itu, Hermawi menyatakan partainya perlu menanggapi tudingan tersebut.

Apabila memang ada bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementan, tutur Hermawi, maka NasDem akan meminta KPK atau Kejaksaan Agung untuk segera mengusut kasus tersebut. Hermawi sendiri juga mempertanyakan pernyataan Erick tentang adanya mafia di Kementan yang terkesan disampaikan tiba-tiba.

"Nasdem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?" katanya.

Sebelumnya, Erick tidak mengungkapkan secara rinci siapa mafia bibit yang dimaksudnya. Ia hanya menyebut telah mengerahkan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk memperketat pengawasan dan mendampingi supaya kualitas bibit yang diberikan kepada petani dapat terjamin.

"PT Pupuk Indonesia mendampingi, memberikan pupuk tepat waktu, bibit yang benar," ujar Erick.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait