Buang Bosan Saat Hadapi Kemacetan Mudik, Simak Tips Menarik Berikut
Unsplash/Koushik Pal
Nasional

Ancaman kemacetan ada di depan mata bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindari bosan dan stres saat terjebak macet.

WowKeren - Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik lebaran bakal terjadi mulai Kamis (28/4) besok. Kemacetan tentu jadi salah satu masalah utama di tengah antusias masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran untuk pertama kalinya setelah 2 tahun sebelumnya absen.

Kementerian Perhubungan memprediksi ada 17 juta sepeda motor dan sebanyak 23 juta mobil yang digunakan untuk mudik tahun ini. Kementerian juga memperkirakan beberapa titik kemacetan yang mungkin akan terjadi, khususnya di ruas jalan tol Trans Jawa dan Pelabuhan Merak.

Saat menempuh perjalanan apalagi dihadapkan dengan kemacetan, tentunya orang-orang akan merasa bosan bahkan stres. Untuk mencegah hal tersebut selama melakukan perjalanan mudik lebaran, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa bosan dan stres yang perlu diketahui.

Mendengar Musik

Musik atau lagu jadi salah satu rekomendasi yang bisa dipilih untuk membuat hati tenang atau senang selama dalam perjalanan. Apalagi saat ini mobil telah dilengkapi dengan perangkat pemutar musik yang canggih, bahkan bisa terhubung melalui internet maupun telepon seluler. Mendengar musik favorit bisa jadi pilihan terbaik kala terjebak macet.

Mengobrol

Bila melakukan perjalanan dengan keluarga, maka dapat memulai pembicaraan yang ringan dan menyenangkan di dalam mobil untuk membuat kamu rileks. Atau, kamu bisa menghubungi teman dan kerabat melalui telepon. Ini bisa jadi alternatif untuk memberikan update perjalanan pada keluarga di kampung halaman.

Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman


Penggunaan alas kaki yang nyaman juga sangat berpengaruh dalam keadaan mental kamu. Jika kamu baru saja melewati hari yang melelahkan dan panjang, membawa sandal ganti agar lebih nyaman dan leluasa bisa sedikit mengurangi ketidaknyamanan saat terjebak macet.

Bikin Video

Platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Tiktok juga bisa jadi solusi di kala macet. Membuat video klip sederhana dan membagikannya, mungkin akan bermanfaat untuk orang lain juga. Seperti informasi kemacetan yang tengah dialami.

Menggunakan Pengharum yang Cocok

Tampaknya sudah menjadi rahasia umum bahwa aroma pengharum ruangan tertentu di kendaraan umum tak jarang membuat penumpang tak nyaman. Tapi, beberapa pengharum ruangan dengan wangi tertentu terbukti bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Gunakan pengharum aromaterapi yang membuat nyaman meskipun terjebak macet sekalipun.

Main Game

Permainan kini hadir di ponsel pintar. Beragam pilihannya dan bisa dimainkan secara online juga dengan banyak orang. Tapi bila jaringan internet jadi penghalang, permainan tradisional yang mudah bisa dilakukan di dalam mobil bersama teman, saudara, ataupun penumpang lainnya.

Makan Cemilan

Saat terjadi kemacetan, menikmati makanan ringan seperti bar coklat, atau minuman, dan makanan sehat akan berguna untuk menjaga energi dan semangat. Karena itu, sebelum mudik, kamu perlu mempersiapkan beberapa camilan yang lezat terlebih dahulu.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait