Nagreg Langganan Macet, Polresta Bandung Siapkan Pom Mini Mobile Gratis Untuk Situasi Darurat
Nasional

Polresta Bandung siapkan Pom Mini Mobile untuk antisipasi kondisi darurat kendaraan kehabisan bahan bakar. Layanan Pom Mini Mobile dari Polresta Bandung itu pun disediakan secara gratis.

WowKeren - Berbagai cara dan inovasi disiapkan demi kelancaran arus mudik lebaran 2022. Tak hanya rekayasa lalu lintas, kepolisian juga menyiapkan bantuan untuk para pengemudi yang kehabisan bahan bakar saat terjebak kemacetan. Hal itu salah satunya dilakukan oleh Polresta Bandung.

Inovasi baru dibuat kepolisian resort kota Bandung dalam mengantisipasi kendaraan mogok akibat kehabisan bahan bakar. 17 motor dinas Satlantas Polresta Bandung pun dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa difungsikan untuk distribusi bahan bakar. Motor-motor itu nantinya disipakan di ruas jalan Cileunyi hingga Nagreg yang pada musim lebaran diprediksi alami kemacetan.

17 sepeda motor itu pun dipasangi tas berukuran besar di kedua sisinya untuk mengangkut 6-8 jeriken berisi bahan bakar. Inovasi itu diharapkan bisa membantu para pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan dan jauh dari SPBU.

"Seandainya pada saat kemacetan itu ada kendaraan yang membutuhkan bahan bakar dan bingung harus mencari di mana, di pos terpadu tersebut kami sediakan SPBU mini dan kami siapkan mobiling," ujar Kombes Pol Kusworo Wibowo, Kapolresta Bandung.


"Sepeda motor kami modifikasi untuk membawa BBM bagi masyarakat yang terjebak macet namun membutuhkan bahan bakar," sambungnya, dalam tayangan Selamat Siang Indonesia.

Disediakan hotline khusus yaitu 110. Pom Mini Mobile nantinya akan menghampiri kendaraan yang membutuhkan tambahan bahan bakar untuk menuju SPBU terdekat secara gratis.

Sebelumnya, Pertamina juga mengumumkan inovasi serupa. Pertamina telah melakukan penambahan layanan fasilitas untuk mengantisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat di masa mudik. Salah satunya adalah layanan motoris yang akan mengirimkan BBM langsung ke pelanggan dengan menggunakan motor.

Direktur Utama PT Pertamina, Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan bahwa layanan motoris ini untuk mengantisipasi potensi adanya mobil yang mogok kehabisan BBM di jalanan macet. Apalagi survei Kementerian Perhubungan menunjukkan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan dalam mudik Lebaran tahun ini.

"Kami siapkan motoris jadi nanti ada motor yang disiapkan untuk antarkan BBM di lokasi macet. Mungkin ada mobil mogok di tol," pungkas Alfian, Senin (25/4).

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait