Menhub Minta Maaf Soal Macet 20 KM di Pelabuhan Merak, Arus Mudik 1 Mei Disebut Sudah Turun Drastis
Nasional

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi lantas telah menyatakan permohonan maafnya karena masih belum bisa memberikan pelayanan optimal bagi para pemudik.

WowKeren - Kemacetan panjang sempat terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada Sabtu (30/4). Kemacetan pada Sabtu pagi bahkan mencapai 20 kilometer dari pintu Pelabuhan Merak hingga Tol Tangerang KM 90.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi lantas telah menyatakan permohonan maafnya karena masih belum bisa memberikan pelayanan optimal bagi para pemudik. "Untuk ini semua kami ucapkan maaf belum bisa melayani dengan baik, tapi Insya Allah dalam kurang dari 12 jam proses penyeberangan bisa berlangsung dengan baik," ujar Budi dalam keterangan videonya pada Sabtu.

Meski begitu, arus mudik pada Minggu (1/5) hari ini disebut telah menurunan drastis. Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, juga mengungkapkan bahwa kemacetan parah di Pelabuhan Merak kini juga sudah terpantau lancar.

"Hari ini, arus mudik sudah menurun dibandingkan tiga hari terakhir," ungkap Adita kepada Kompas.com.

Menurut Adita, situasi di Pelabuhan Merak telah kondusif usai dua pelabuhan tambahan dioperasikan, yakni Pelabuhan Ciawandaan dan Pelabuhan Indah Kiat di Banten. Adita memaparkan bahwa dioperasikannya dua pelabuhan itu membuat sembilan kapal tambahan bisa beroperasi untuk menyeberangkan penumpang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.


Adapun Pelabuhan Indah Kiat diketahui telah dioperasikan sejak Jumat (29/4). Sedangka Pelabuhan Ciawandan baru dioperasikan sejak Sabtu malam.

"Kemacetan Merak juga menurun drastis setelah dioperasikan dua pelabuhan dan tambahan kapal. Sejak Sabtu malam sudah kondusif," paparnya.

Adapun operasional kedua pelabuhan tambahan tersebut dipastikan akan dilanjutkan untuk mengantisipasi arus balik.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya memaparkan bahwa pihaknya telah menyiapkan dua kapal yakni KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I di Pelabuhan Indah Kiat. Pihak Kemenhub juga telah meninjau Pelabuhan Ciawandan, mulai dari penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal, hingga masuknya kendaraan yang dialihkan ke dermaga tersebut.

"Kami akan siapkan sembilan kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/4).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait