2 Pelabuhan Tambahan Dioperasikan Imbas Pemudik Membludak, Kemacetan Menuju Tol Merak Makin Terurai
AFP/Bay Ismoyo
Nasional

Selama arus mudik Lebaran 2022 berlangsung, tol menuju Pelabuhan Merak terpantau dipadati pemudik, bahkan hingga terjadi kemacetan selama berjam-jam. Namun kini kemacetan itu mulai terurai.

WowKeren - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, tampaknya menjadi salah satu jalur mudik yang banyak dilalui oleh para pemudik Lebaran 2022. Hal ini dapat dilihat dari membludaknya jumlah pemudik yang hendak menyeberang melalui pelabuhan tersebut hingga menimbulkan kemacetan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan dua pelabuhan tambahan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, yakni Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan milik PT Pelindo di Ciwandan, Banten.

"Kami akan siapkan sembilan kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/4).

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa pihaknya telah meninjau pelabuhan milik PT Pelindo tersebut, mulai dari penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal, hingga masuknya kendaraan yang dialihkan ke dermaga tersebut. Sedangkan untuk Pelabuhan Indah Kiat, telah beroperasi lebih dulu.

Pelabuhan tersebut, kata Budi, menyiapkan dua kapal yakni KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I. Mengingat tingginya pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan kapal pada masa Lebaran 2022, akibatnya menyebabkan kemacetan panjang di arteri jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.


"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak, kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam," papar Budi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari petugas Satlantas Polres Cilegon, antrean kendaraan menuju exit Tol Jakarta-Merak semakin terurai. Adapun kondisi yang dilaporkan pada Sabtu (30/4) per pukul 15.36 WIB itu disebut antrean kendaraan tersisa 2 km.

"Ekor terakhir, terpantau di Km 96+200, mendekat-mendekat Km 97," tutur petugas Satlantas Polres Cilegon dalam video yang diterima detikcom, Sabtu (30/4).

Lebih lanjut, petugas Satlantas Polres Cilegon itu menuturkan bahwa kondisi lalu lintas dari arah Jakarta, terpantau kendaraan masih berjalan. "Dari arah Jaya terpantau normal berjalan, demikian dapat dilaporkan antrean di dalam tol," bebernya.

Di sisi lain, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sendiri pada Sabtu (30/4) hari ini tampak kembali memantau kondisi arus mudik di jalan tol yang mengarah ke Pelabuhan Merak. Dalam memantau kondisi arus mudik, Listyo tampak menggunakan helikopter. Hal ini disampaikannya melalui Instagram-nya, @listyosigitprabowo.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait