Pemotor Membludak di Pelabuhan Merak, Pemudik Curhat Terjebak Macet Belasan Jam Hingga Diguyur Hujan
commons.wikimedia.org/Coris
Nasional

Sejumlah pemudik yang melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Merak membagikan pengalaman mereka. Salah satunya mengaku telah menempuh perjalanan dari Bekasi ke Pelabuhan Merak selama 12 jam.

WowKeren - Antrean pemudik motor di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, membludak sejak Jumat (29/4) hingga Sabtu (30/4) pagi ini. Pemotor memenuhi area toll gate Pelabuhan Merak dan mengantre untuk menuju dermaga pelabuhan.

Salah seorang pemudik bernama Syarif Hidayatullah mengaku terjebak macet luar biasa dari Bekasi hingga ke Pelabuhan Merak. Ia bahkan mengibaratkan "lautan" pemotor bak bendungan yang terbuka.

"(Berangkat) dari sore, mudik mau ke Lampung Tengah dari Bekasi. Kemacetan luar biasa, menguji kesabaran demi ketemu orang tua. Di belakang macet panjang, udah kayak bendungan dibuka," ujar Syarif dilansir CNN Indonesia, Sabtu.

Seorang pemudik asal Bogor bernama Sri mengaku berangkat pada Jumat malam dan baru tiba di toll gate Pelabuhan Merak pada Sabtu pukul 06.30 WIB tadi. Kemudian, turun hujan gerimis di Pelabuhan Merak meski tidak ada fasilitas tenda di toll gate khusus sepeda motor. Akibatnya para pemotor harus berhujan-hujanan.

"Sedih. Nunggu suami di belakang. Udah (berangkat) dari jam 23.00 WIB malam tadi. Pengennya sih ada tenda harusnya," kata Sri sembari mengusap kepala sang akan yang ada di gendongannya.


Sementara itu, pemudik asal Bekasi bernama Diki Candra mengaku sudah berangkat sejak Jumat pukul 19.00 WIB untuk mudik ke Lampung Tengah. Namun ia baru tiba di toll gate Pelabuhan Merak pada Sabtu sekitar pukul 16.45 WIB, sehingga ia menempuh perjalanan selama hampir 12 jam.

"Berangkat dari jam 7 malem. Macet parah, enggak bisa jalan sama sekali. Kena macet di Tambun, Serang, Cilegon," tuturnya.

Di sisi lain, pemudik asal Kota Serang bernama Komarudin mengaku sudah masuk Gerbang Tol Serang Timur pada Jumat sekitar pukul 23.30 WIB. Ia baru akan keluar GT Merak pada Sabtu sekitar pukul 05.50 WIB.

Diketahui, waktu tempuh dari GT Serang Timur hingga GT Merak dalam kondisi normal hanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Namun di puncak arus mudik Lebaran 2022 ini, ia membutuhkan waktu lebih dari enam jam.

"Mau mudik ke Lampung, ke kampung halaman istri. Ini sih parah, paling parah selama saya ngerasain harus mudik ke Lampung. Mungkin karena udah 2 tahun enggak mudik, jadi pada antusias," paparnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait