Tak Kunjung Dapat Izin Dari Anies Baswedan, Buruh Batal Gelar Aksi May Day di JIS
Nasional

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, mengungkapkan bahwa peringatan May Day pada 14 Mei mendatang akan digeser ke Istora dan diawali dengan demo di depan DPR RI.

WowKeren - Rencana peringatan Hari Buruh atau May Day di Jakarta International Stadium (JIS) pada 14 Mei 2022 mendatang akhirnya dibatalkan. Menurut Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, rencana tersebut batal karena pihaknya hingga kini belum mendapat persetujuan dari Pemprov DKI Jakarta.

Iqbal mengungkapkan bahwa peringatan May Day akan digelar di Istora dan diawali dengan demo di depan DPR RI. "Terakhir 14 Mei 2022, 100 ribu buruh akan datang ke Jakarta, yaitu demonstrasi di depan gedung DPR dan dilanjutkan May Day Fiesta di Istora Senayan," terang Iqbal, Minggu (1/5).

Menurutnya, May Day Fiesta akan digelar di Istora meski harus sampai ke luar gedung. Mengingat pihaknya belum mendapat izin penggunaan JIS.

"Jadi sampai ke luar-luar dengan terpaksa karena Gubernur Anies sampai hari ini tidak memberikan kepastian izin boleh atau tidak menggunakan JIS," terangnya.

Iqbal sendiri sempat menyentil Anies terkait batalnya peringatan May Day di JIS. Ia mengatakan bahwa JIS dapat dipakai jika untuk kepentingan Pemprov DKI.


"Karena Pak Anies ini ragu-ragu. Dia kalau buat kepentingan dirinya dan pemerintahnya cepet, boleh dipakai JIS," tuturnya.

Selain itu, Iqbal juga menyinggung soal beberapa acara yang telah diselenggarakan di JIS. Antara lain pertandingan sepak bola internasional hingga takbiran Hari Raya Idul Fitri.

"Malam takbiran boleh, Idul Fitri boleh, pertandingan bola internasional boleh. Giliran buruh pakai masak enggak boleh, kita bayar," ujarnya.

Di sisi lain, peringatan May Day disebut tidak hanya diselenggarakan di Ibu Kota. Agenda serupa juga akan digelar di kota lain seperti Bandung dan Surabaya.

"Secara bersama pada 14 Mei juga akan terjadi puluhan ribu buruh, 15 ribu buruh di Bandung, 25 ribu buruh di Surabaya dan beberapa kota-kota besar lainnya akan melanjutkan rangkaian May Day pada hari ini," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria telah menyatakan bahwa pihaknya perlu mengkaji permintaan Partai Buruh untuk menggelar aksi May Day di JIS. Riza menyatakan bahwa pada prinsipnya, JIS bisa digunakan untuk kepentingan positif.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait