Bukan Ganjil-Genap, Polisi Terapkan Kebijakan One Way di Jalur Arah Puncak Bogor
Nasional

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengungkapkan bahwa kebijakan one way diterapkan mulai dari Simpang Gadog hingga Rindu Alam pada Selasa (3/5) sejak pukul 07.30 WIB.

WowKeren - Pihak kepolisian sempat berencana menerapkan sistem ganjil-genap di jalur ke arah Puncak, Kabupaten Bogor, pada Selasa (3/5) hari ini demi menekan kepadatan. Namun pada Selasa pagi, arus lalu lintas dari Jakarta ke Puncak hanya menerapkan sistem satu arah alias one way dan tidak ada penerapan ganjil-genap.

Adapun arus kendaraan dari Jakarta ke Puncak terpantau ramai. Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengungkapkan bahwa kebijakan one way diterapkan mulai dari Simpang Gadog hingga Rindu Alam sejak pukul 07.30 WIB.

"Saat ini, karena arus dari Jakarta deras ada peningkatan cukup lumayan," ungkap Dicky kepada CNN Indonesia. "Saya rasa pertimbangan petugas di lapangan memutuskan one way itu paling tepat."

Meski begitu, Dicky masih belum bisa memastikan kapan jalur tersebut akan kembali dibuka untuk dua arah. "Tergantung arus. Situasional juga. Kalau ditentuin jam segini, kalau arus masih kencang dari bawah, enggak bisa," ujarnya.


Lebih lanjut, Dicky menjelaskan bahwa arus kendaraan menuju Puncak memang diprediksi tinggi pada hari kedua Lebaran. Oleh sebab itu, Polres Bogor telah menyiapkan 175 personel untuk mengamankan arus lalu lintas di Puncak dan sebaliknya.

"Kami sudah menyiapkan 175 personel di sepanjang jalur dibagi dalam empat pos pengamanan," katanya.

Di sisi lain, volume kendaraan di Tol Ciawi arah Simpang Gadog mengalami peningkatan pada Selasa pagi. Kendaran dari arah Jakarta menuju Puncak terpantau bergerak merayap meski polisi telah menerapkan kebijakan one way. Laju kecepatan kendaraan di KM 44 hingga KM 48 per pukul 09.30 WIB hanya berkisar 15 hingga 20 kilometer per jam.

Adapun mobil terpantau mengular sampai Simpang Gadog. Kemudian kepadatan kendaraan yang didominasi mobil juga terjadi di Tanjakan Selarong sampai dengan Simpang Megamendung.

Laju kendaraan kembali tersendar di kawasan Pasar Cisarua karena aktivitas masyarakat. Sedangkan kawasan simpang Taman Safari hingga Gunung Mas masih terpantau ramai lancar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait