Arus Balik Lebaran, Kakorlantas Polri Sebut Aturan One Way Kemungkinan Berlaku 24 Jam Hingga 8 Mei
Nasional

Meski begitu, pihak kepolisian akan memantau kondisi di lapangan untuk menentukan kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut. Masyarakat diimbau untuk menggunakan jalur arteri dan tidak perlu menunggu di pintu tol.

WowKeren - Arus balik pasca libur Lebaran telah dimulai pada Jumat (6/5) hari ini dan diperkirakan akan terus meningkat hingga Minggu (8/5). Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantybudi lantas mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas sistem satu arah alias one way bisa saja berlaku selama 24 jam hingga 8 Mei 2022 mendatang.

"Bisa saja pelaksanaan one way ini kami laksanakan terus 24 jam sampai dengan hari Minggu (8/5)," ujar Firman dalam keterangan tertulisnya.

Meski begitu, pihak kepolisian akan memantau kondisi di lapangan untuk menentukan kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut. Masyarakat diimbaunya untuk menggunakan jalur arteri dan tidak perlu menunggu di pintu tol.

"Silakan manfaatkan waktu sore atau malam hari. Masyarakat lokal sudah mulai istirahat jalan agak lengang. Jadi, tidak menggantungkan atau menunggu di pintu-pintu tol yang sementara sedang kami gunakan sebagai penerapan one way," paparnya.


Lebih lanjut, Firman meminta masyarakat untuk mau menghadapi dinamika kondisi arus balik Lebaran tahun ini. Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti informasi terkini terkait situasi lalu lintas.

"Ikuti dan dengarkan jadwal jadwalnya. Moga-moga landai. Kita akan berikan relaksasi, bisa satu lajur, bisa saja," terangnya.

Sementara itu, Firman diketahui memimpin langsung penerapan one way di Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah, pada Jumat siang ini. Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembukaan pemberlakuan one way tersebut ditandai dengan mengendarai mobil patroli dari gerbang tol Kalikangkung hingga gerbang tol Cikampek Utama. Firmah mengatakan bahwa penerapan one way untuk saat ini masih sesuai rencana dan akan diberlakukan untuk tanggal 6 hingga 8 Mei.

"Hari ini besok dan lusa. Saya perlu ingatkan bagi masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini. Mohon pengertiannya, kita sama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur yang ada," ujarnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait