Pelabuhan Bakauheni Diserbu Pemudik Saat Arus Balik Lebaran 2022, Pelabuhan Panjang Jadi Alternatif
indonesiaferry.co.id
Nasional

Pada saat arus mudik Lebaran 2022, Pelabuhan Bakauheni dipadati oleh para pemudik. Tampaknya kepadatan pemudik ini akan kembali terulang saat puncak arus balik Lebaran 2022.

WowKeren - Arus balik mudik Lebaran 2022 tampaknya sudah mulai terjadi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah bus dengan penumpang yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai memadati kantong parkir di Dermaga 1.

Sementara itu, tampak juga panjang antrean bus penumpang tersebut nyaris mendekati pintu Tol Pelabuhan Bakauheni. Berdasarkan informasi yang didapat dari Antara, rata-rata bus itu diketahui dari berbagai macam perusahaan terisi penuh oleh pemudik yang akan kembali ke Pulau Jawa.

Petugas yang berada di lokasi pun tampak mencoba mengatur dan mengarahkan bus tersebut agar terparkir dengan rapi sebelum menaiki kapal yang akan bersandar. Sembari menunggu bus besar tersebut naik kapal di Dermaga 1, sejumlah penumpang pun turun dari bus untuk sekadar mencari angin atau membeli makanan ringan.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, per Jumat (6/5) pukul 08.00 hingga 20.00 WIB, menunjukkan jumlah penumpang yang menyeberang melalui pelabuhan tersebut sebanyak 76.239 orang. Dari jumlah tersebut, 8.335 orang di antaranya merupakan pejalan kaki dan sisanya berada di dalam kendaraan.


Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni dalam rentang waktu yang sama yakni sebanyak 8.449 buah. Dengan rincian 9.579 kendaraan roda empat, 125 bus, dan 268 truk dan kendaraan besar.

Lebih lanjut, pada Sabtu (7/5) hari ini, pemudik juga mulai memadati Pelabuhan Bakaueni. Akan tetapi sejumlah pemudik disebut ada yang memilih untuk menyeberang dari Pelabuhan Panjang, Bandarlampung, sejak Jumat (6/5), demi menghindari kemacetan parah di Pelabuhan Bakauheni.

Kendati begitu, Pelabuhan Panjang pun disebut sebagai alternatif bagi sejumlah pemudik agar tidak menumpuk di Pelabuhan Bakauheni. Sebagaimana diketahui, puncak arus mudik Lebaran 2022 sendiri diprediksi bakal mencapai puncaknya pada akhir pekan ini.

Bahkan sejumlah pemudik mengungkapkan mereka rela menunggu di Pelabuhan Panjang lantaran tidak ingin capek terkena macet di Pelabuhan Bakauheni. Pelabuhan Panjang sendiri beroperasi untuk menyeberangkan pemudik pada Rabu (4/5), kini semakin ramai dan diminati orang-orang yang hendak berangkat ke Pulau Kawa dari Sumatera, baik kendaraan roda dua maupun empat.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait