Menhub Khawatirkan 60 Persen Pemudik Belum Kembali, Imbau Masyarakat Tunda Kepulangan hingga 8 Mei
Instagram/kemenhub151
Nasional

Menhub Budi Karya juga mengungkapkan ada tujuh dermaga yang disiapkan di Bakauheni dan empat dermaga tambahan di Pelabuhan Panjang untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Sumatera ke Jawa.

WowKeren - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa ada sekitar 60 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta. Para pemudik yang dimaksud belum kembali dari Sumatera dan juga dari arah timur yang akan melintasi jalur tol.

"Jumlah 60 persen yang belum kembali, ini mengkhawatirkan. Pada arus mudik dengan 37 ribu kendaraan dalam sehari, di Merak ada antrean sepanjang 10 Kilometer," ungkapnya, Sabtu (7/5). "Kalau ini nanti lebih dari itu, katakan 45 ribu hingga 50 ribu kendaraan sehari, maka akan ada antrean dan tentu pelayanan menjadi tidak baik."

Oleh sebab itu, Budi Karya mengimbau masyarakat untuk menghindari pulang pada Sabtu dan Minggu (8/5) besok. Para pemudik diminta untuk menunda kepulangannya untuk menghindari kepadatan puncak arus balik.

"Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa," katanya.


Lebih lanjut, Budi Karya mengungkapkan bahwa saat ini telah disiapkan tujuh dermaga di Bakauheni dan empat dermaga tambahan di Pelabuhan Panjang untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Sumatera ke Jawa. Jumlah kapal juga ditambah dari yang awal 45 unit menjadi 63 unit.

"Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten," paparnya.

Di sisi lain, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan di jalur tol arah Semarang ke Jakarta. Antara lain satu arah (one way), contra flow, ganjil-genap, ataupun pembatasan angkutan barang sumbu tiga atau lebih.

Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pergerakan arus balik terus mengalami peningkatan dalam tiga hari terakhir ini. "Satu hari sekitar 15 ribu kemudian naik menjadi 16 ribu, sampai 31 ribu dan kemungkinan malam ini meningkat terus sampai 40 ribu kendaraan dalam sehari," ujar Listyo.

Meski begitu, Listyo mengatakan bahwa pergerakan arus balik masih dalam kondisi terkendali hingga kini. Ia pun berharap situasi dapat dipertahankan mengingat sejumlah kementerian/lembaga dan asosiasi perusahaan telah memberi relaksasi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru