Kebakaran Vihara Girinaga Makassar Terjadi Usai Ibadah Waisak, Peralatan Ibadah Hangus Dilalap Api
Unsplash/Fahri ramdani
Nasional

Setelah peribadatan yang khusuk dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak pada Senin (16/5) malam, Vihara Girinaga di Makassar dilalap si jago merah. Polisi pun masih menyelidikinya.

WowKeren - Pada Senin (16/5) kemarin, umat Buddha di Indonesia merayakan Hari Raya Waisak. Saat merayakan Waisak, para umat Buddha melangsungkan ibadah di vihara, salah satunya adalah Vihara Girinaga di Jl Gunung Salahutu 2, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, pada kemarin malam.

Akan tetapi setelah ibadah Waisak berlangsung, sebuah peristiwa nahas terjadi. Lantai 2 Gedung Vihara Girinaga dilaporkan kebakaran. Kobaran api itu pun menghanguskan peralatan ibadah.

Saat mengetahui adanya peristiwa kebakaran tersebut, personel Polsek Makassar lantas bergegas mendatangi lokasi kejadian. Salah satu pengunjung yang diketahui identitasnya sebagai Long Long (45), menjelaskan kepada polisi pada saat kejadian, ia berada di lantai 1 Vihara.

Kemudian tiba-tiba anak Long Long berlari dari arah luar pagar dan menyampaikan ada asap di lantai 2. Long Long lantas mengecek dan melihat asap tersebut, dan meminta pertolongan kepada warga sekitar. Lalu warga dan petugas keamanan sigap membantu memadamkan api sebelum membesar.


Sementara itu, Kapolsek Makssar, Kompol Yusrizal yang dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Yusrizal pun menjelaskan aksi warga dan petugas yang membantu memadamkan api.

"Warga memasuki dan mengambil alat pemadam kebakaran pada lantai 1, 2, dan 3, kemudian memadamkan sumber api di lantai 2 dan api berhasil dipadamkan," jelas Yusrizal dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5).

Selain menghanguskan beberapa peralatan ibadah, kata Yusrizal, kobaran api juga melalap alat pengeras suara. "Kebakaran menganguskan satu kotak ukuran 1x2 meter yang berisikan alat-alat sound system beserta perlengkapan ibadah yang berada di pelataran," ungkapnya.

Meski demikian, Yusrizal mengatakan bahwa pihaknya mengaku belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran. Pasalnya, kasus tersebut masih dalam penyelidikan dengan melibatkan Tim Inafis Polrestabes Makassar.

Di samping itu, Yusrizal menuturkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. "(Hanya) kerugian materiil, sebagian pelataran tempat ibadah hangus terbakar, akan tetapi kerugian belum bisa ditaksir," tutup Yusrizal.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait