Gagal Temui Menko Perekonomian, Petani Sawit Minta Bertemu Pihak Istana
Instagram/ airlanggahartarto_offici
Nasional

Sebelumnya, pemerintah telah memberlakukan kebijakan larangan ekspor minyak sawit mentah. Namun kebijakan ini tampaknya membuat rugi para petani sawit, sehingga menuntut untuk mencabut aturan tersebut.

WowKeren - Pada Selasa (17/5) hari ini, para petani sawit diketahui melakukan demo di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Akan tetapi, setibanya di lokasi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto disebut tidak berada di kantor.

Dalam demo tersebut, massa petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menuntut pencabutan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO). Lantaran tak bertemu dengan Airlangga, para petani sawit itu pun melanjutkan aksinya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Perwakilan massa aksi pun diketahui hanya bertemu dengan pejabat Kemenko Perekonomian. Meski demikian, mereka mengklaim telah menyampaikan tuntutan para petani sawit kepada pejabat tersebut.

Akan tetapi, mereka mengaku belum mendapatkan hasil yang jelas dari pertemuannya dengan pihak pejabat Kemenko Perekonomian. "Kami tidak mendapat komitmen jelas dan kepastian pencabutan aturan Menteri Perdagangan tentang larangan ekspor CPO," tutur orator dari atas mobil komando di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (17/5).


Berdasarkan informasi yang didapat dari CNNIndonesia.com, massa petani sawit yang turun ke jalan itu tampak memadati kawasan Patung Kuda. Selain itu, mereka pun berencana untuk melanjutkan aksinya hingga ke seberang Istana Kepresidenan Jakarta.

Orator lantas meminta kepada pihak kepolisian untuk bisa berkomunikasi dengan pihak Istana Negara. Hal ini bertujuan agar petani sawit bisa bertemu dengan pihak Istana. "Itu rumah rakyat, itu rumah kami, kami sudah dari pagi panas-panasan, Pak Menko (Perekonomian) tidak ada di tempat," terang orator.

Lebih lanjut, orator menyebut tidak ada satu pun menteri yang peduli dengan nasib petani sawit usai kebijakan larangan ekspor CPO diberlakukan. Mereka lantas menggantungkan harapannya kepada Presiden Joko Widodo untuk segera mencabut aturan tersebut.

"Kami yakin Pak Jokowi sebagai wajah rakyat mampu mencabut larangan ekspor CPO itu," tegas orator. Dalam demo hari ini, petani sawit diketahui diikuti oleh mereka yang tergabung dalam Apkasindo dari 22 Provinsi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait