Kala Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Sudah Sempat Ditegur Megawati Soal Banjir Rob Semarang
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional

Kala memberi sambutan dalam suatu acara tahun lalu, Ketua Umum PDIP Megawati mengaku sudah meminta Ganjar Pranowo untuk membereskan masalah banjir rob di Semarang sejak awal mengusungnya sebagai gubernur.

WowKeren - Banjir rob yang melanda Semarang dan sejumlah wilayah di kawasan pesisir Jawa Tengah merendam pelabuhan hingga rumah warga. Ini bukan pertama kalinya banjir rob terjadi di Semarang, fenomena tersebut juga pernah terjadi pada tahun 2021 lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sendiri rupanya sempat ditegur oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait banjir rob. Megawati mengaku sudah meminta Ganjar untuk membereskan masalah banjir rob di Semarang sejak awal mengusungnya sebagai gubernur.

"Itu kan dari awal kamu saya jadikan, kamu kan sudah pernah omongin toh, urusan Pelabuhan Semarang dan sebagainya," tutur Megawati kala memberikan sambutan di acara Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami tahun lalu. "Gimana tuh Semarang. Karena saya bilang, mengko yen wis enek rob, nangis (nanti kalau sudah ada banji rob, menangis)."

Megawati mengaku tak ragu menegur anak buahnya untuk memperbaiki masalah yang ada. Ganjar sendiri memang turut hadir dalam acara yang sama dengan Megawati secara virtual.


"Saya kalau sama anak buah saya wani (berani) aku. Tapi kalau sama yang lain, sorry. Saya nanti dianggap opo (apa). Gimana tuh Semarang?" tanya Megawati ke Ganjar yang meresponnya dengan senyuman dan anggukan.

Di sisi lain, Ganjar juga mengakui bahwa dirinya sempat ditegur Megawati soal banjir rob. Menurutnya, teguran tersebut disampaikan karena Megawati sangat khawatir dengan penurunan permukaan tanah di Jawa Tengah.

"Sebenarnya buat saya pribadi tegurannya tidak hanya dari Joe Biden tapi dari Bu Megawati juga, kemarin, 'Hai Ganjar bagaimana itu robnya?'. 'Baik, Bu, siap'," ungkap Ganjar dalam kesempatan terpisah tahun lalu. "Tapi karena itu saat sambutan sehingga saya tidak bisa memaparkan apa yang kita kerjakan."

Kini, Ganjar menyiapkan skenario penanganan rob tinggi yang melanda pesisir utara. Ganjar juga akan mengaudit seluruh bangunan di pesisir, khususnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

"Jadi ternyata ditemukan satu tanggul lagi yang bocor. Kemarin kan kita nemu dua, satu sudah diselesaikan kemarin dua jam, saya terima kasih kawan-kawan bekerja sangat cepat," ujarnya, Rabu (25/5).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru