Alasan Pawai Formula E di Monas Batal Terungkap, Diganti Dengan Sesi Foto Bersama Pembalap
Unsplash/Philip Veater
Nasional
Formula E 2022

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, mengungkapkan bahwa pada 2 Juni mendatang akan ada sesi foto dan pawai mobil Formula E Jakarta di Monas.

WowKeren - Pawai Formula E Jakarta yang sedianya dijadwalkan digelar di Monas pada 2 Juni 2022 mendatang akhirnya dibatalkan. Menurut Ketua Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, acara tersebut batal digelar karena aturan teknis Formula E Operation (FEO) yang tidak mengizinkan mobil digunakan untuk konvoi.

"Benar sekali, batal dikarenakan aturan mobil Formula tidak memperbolehkan karena terkait teknis kendaraan tersebut," ungkap Sahroni pada Rabu (25/5).

Kekinian, agenda pawai tersebut diganti dengan sesi foto bersama para pembalap. Meski demikian, sesi foto tersebut hanya bisa dihadiri oleh panitia dan pihak terkait Formula E karena kawasan Monas belum dibuka untuk umum.

"Kita hanya akan adakan photo session dengan para pembalapnya di Monas tanggal 2 Juni," jelas Sahroni. "Karena enggak bisa masuk untuk umum, jadi hanya panitia dan founder FEO saja yang bisa masuk."

Sementara itu, pihak kepolisian juga sempat menyampaikan kemungkinan pawai atau konvoi pembalap Formula E di Monas batal. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengaku telah berbicara dengan pihak panitia untuk memastikan kegiatan tersebut.


"Ada informasi sementara kemungkinan tidak pawai, tetapi mobil-mobil akan dipamerkan di area di dalam Monas," ujar Sambodo dilansir Antara, Rabu.

Sebelumnya, Sahroni mengungkapkan bahwa pada 2 Juni mendatang akan ada sesi foto dan pawai mobil Formula E Jakarta di Monas. "Tanggal 2 Juni kita ada kegiatan untuk sesi foto dan muter sedikit di dalam Monas beserta pembalap," tutur Sahroni pada Minggu (22/5) lalu.

Adapun para pembalap Formula E disebut akan tiba di Tanah Air pada 28-29 Mei mendatang. Sedangkan ajang mobil balap listrik tersebut akan dimulai pada 4 Juni.

Sementara logistik para pembalap sudah mulai tiba di Jakarta hingga 24 Mei. Logistik tersebut selanjutnya diperiksa Bea Cukai dan akan dibuka pada 27 Mei di Sirkuit Ancol.

Sahroni menjelaskan akan ada 22 unit mobil yang dikirim dengan badan terpisah dan dirakit setelah melalui pemeriksaan pihak berwenang. Sirkuit Formula E Jakarta sepanjang 2,4 kilometer sendiri disebutnya telah rampung 100 persen dan tinggal menyelesaikan fasilitas pendukung seperti panggung penonton, garasi pembalap, dan fasilitas lainnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait