Gelombang Tinggi Capai 4 Meter Diprediksi Terjadi 30-31 Mei, Ancam Sejumlah Wilayah Ini
Nasional

BMKG mengimbau penduduk di wilayah pesisir untuk mewaspadai ancaman gelombang tinggi pada 30-31 Mei. Ancaman gelombang tinggi diperkirakan bisa mencapai 4 meter.

WowKeren - Ancaman banjir rob dan gelombang tinggi kini menjadi salah satu yang harus diwaspadai masyarakat. Terutama yang tinggal di kawasan pesisir.

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga mencapai empat meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan di Indonesia. Kondisi ini diperkirakan berlangsung pada 30-31 Mei 2022.

Hal tersebut diakibatkan adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya ke barat dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Laut Natuna Utara, Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Halmahera, dan perairan utara Papua Barat,” tulis BMKG, Senin (30/5).


kondisi tersebut menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan timur Pulau Simeulue, perairan barat Pulau Nias, perairan Bengkulu, perairan selatan Lombok-NTB-Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan Pulau Sawu, Selat Malaka bagian tengah, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia selatan NTB-NTT, Laut Natuna Utara, Laut Halmahera bagian utara, perairan utara Papua Barat dan Biak serta Samudra Pasifik Utara Papua Barat

Sedangkan pada gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2,5-4,0 meter, diperkirakan terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Selat Malaka bagian utara, perairan Pulau Enggano sampai barat Lampung, Samudra Hindia barat Aceh, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai-Lampung, Selat Sunda bagian barat - selatan, perairan selatan Jawa serta Samudra Hindia selatan Jawa-Bali-Lombok.

BMKG mennyampaikan potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan. Lalu kapal tongkang, kapal ferry, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkas BMKG.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait