Lepas Kloter Pertama Jemaah Haji RI Hari Ini, Menag Pesan Jaga Kesehatan
Nasional

Jemaah kloter pertama ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.45 WIB. Mereka diperkirakan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada 12.10 Waktu Arab Saudi (WAS).

WowKeren - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Sabtu (4/6) hari ini. Yaqut memberikan sejumlah pesan kepada 393 jemaah haji asal DKI Jakarta yang berangkat ke Tanah Suci hari ini.

"Ditata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," tutur Yaqut.

Pesan yang kedua adalah jemaah haji Indonesia diminta untuk menjaga kesehatan mereka selama di Tanah Suci. Terlebih karena cuaca panas di Arab Saudi.

"Saya berharap Bapak Ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," katanya.

Selain itu, Yaqut juga mengimbau jemaah untuk membatasi kegiatan di luar ibadah. Dengan demikian, pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar.


"Hanya lakukan kegiatan ibadah. Dan kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," paparnya.

Para jemaah juga diminta untuk tak segan bertanya kepada petugas jika mengalami kendala selama pelaksanaan ibadah haji. Kementerian Agama disebut telah menugaskan banyak petugas untuk membantu para jemaah asal Indonesia.

"Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak Ibu sekalian," terangnya. "Semua ini disiapkan untuk membantu para jemaah dalam pelaksanaan ibadah agar lancar."

Di sisi lain, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief mengungkapkan bahwa jemaah kloter pertama ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.45 WIB. Mereka diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada 12.10 Waktu Arab Saudi (WAS).

Selain Embarkasi Jakarta - Pondok Gede, ada empat embarkasi lain yang akan memberangkatkan jemaahnya hari ini. Total ada 2.776 jemaah yang tergabung dalam tujuh kloter dan berasal dari lima embarkasi yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci hari ini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait