Banjir Protes, Luhut Bakal Minta Tarif Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu Dikaji Ulang
Unsplash/Snowscat
Nasional

Luhut rupanya mendengarkan protes masyarakat terkait kenaikan tarif naik candi Borobudur yang mencapai Rp 750 ribu. Luhut pun berjanji akan mengkaji ulang tarif tersebut.

WowKeren - Kabar kenaikan harga tiket ke Borobudur menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal langsung menjadi pembicaraan. Kenaikan tarif wisata ke Borobudur itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Publik di Tanah Air pun tak sedikit yang memprotes kenaikan tarif yang dinilai terlalu tinggi bagi masyarakat kebanyakan.

Luhut pun mendengar masukan yang muncul dari masyarakat mengenai tarif untuk turis lokal yang dianggap terlalu tinggi tersebut. Luhut membuka peluang mengkaji kembali penerapan tarif Rp 750 ribu bagi wisatawan domestik untuk naik hingga ke area stupa Candi Borobudur, Magelang, Jateng.

"Saya mendengar banyak sekali masukan masyarakat hari ini terkait dengan wacana kenaikan tarif untuk turis lokal. Karena itu, nanti saya akan minta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan. Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya atas perhatian yang begitu besar kepada warisan budaya kebanggaan kita semua ini," ujar Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (5/6).


Luhut memastikan rencana penerapan tarif yang muncul saat ini belum final. Karena masih akan dibahas dan diputuskan oleh Presiden pada minggu depan.

Sementara itu, Luhut juga memastikan rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi USD100 (sekitar Rp1,4 juta) tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp 5 ribu.

Selain itu, Luhut menambahkan bahwa berdasarkan masukan yang diterima, pihaknya juga tengah mempertimbangkan untuk menyediakan tarif khusus bagi warga Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Selanjutnya, Luhut menegaskan bahwa rencana pembatasan kuota pengunjung dan kenaikan tarif untuk naik ke area stupa Candi Borobudur merupakan upaya pemerintah untuk menjaga warisan budaya dunia tersebut.

"Candi Borobudur itu kan cagar budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Dengan relief yang sarat makna khususnya bagi umat Buddha dan kita umat manusia, penting bagi kita semua memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara tersebut," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait