Masa Keemasan Internet Explorer
Pexels/Pixabay
Tekno

Dalam artikel kali ini, WowKeren akan menghadirkan kilas balik perjalanan Internet Explorer yang harus berhenti beroperasi di usia 27 tahun. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Setelah mengalahkan Netscape, Internet Explorer berhasil mendominasi pasar aplikasi browser di akhir era 1990-an. Puncak kejayaannya terjadi antara tahun 2001-2005 saat browser ini menguasai 90 persen pasar industri web internet.

Kesuksesan tersebut tak lepas dari peran Internet Explorer versi 6.0 yang dirilis pada Agustus 2001, sebagai bagian dari sistem operasi Windows XP. Internet Explorer 6 dianggap mampu menciptakan standar baru untuk menjelajah internet, sehingga era ini disebut sebagai puncak kejayaan Internet Explorer.

Internet Explorer 6 bahkan disebut-sebut sebagai "senjata pembunuh" bagi Netscape Navigator. Hal ini diketahui lewat pangsa penggunaannya yang mencapai 90 persen, dengan IE secara keseluruhan (beragam versi) mencapai 95 persen.

Ada beberapa hal yang membuat Internet Explorer 6 begitu dicintai. Pertama, adanya pembatasan penayangan konten tertentu, perubahan ukuran gambar otomatis, terintegrasi dengan layanan pesan instan Windows Messenger dan masih banyak lagi.

Sayangnya, Internet Explorer 6 mendatangkan akhir buruk bagi perusahaan karena sistem keamanan yang rentan. Versi ini dikenal memiliki banyak celah keamanan yang terbuka lebar bagi peretas dan minim kompatibilitas terhadap standar web baru.

Karena alasan itu, sejumlah pengamat dan media bahkan menyebutnya sebagai "produk tekonologi terburuk sepanjang masa". Berbagai website bahkan memutuskan untuk menghentikan dukungannya terhadap Internet Explorer 6, termasuk Google yang menegaskan bahwa sejumlah layanannya tidak akan berfungsi dengan baik di versi tersebut.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru