Segera ke Rusia, Jokowi Sempat Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan dari Zelensky untuk Putin
presidenri.go.id/Laily Rachev
Nasional
Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia

Presiden Jokowi dalam perjalan kembali ke Polandia untuk segera melanjutkan perjalanan ke Rusia. Saat pertemu Zelensky di Ukraina, Jokowi juga sempat menawarkan diri menjadi pembawa pesan untuk Putin.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Eropa diketahui juga membawa misi perdamaian. Kabar mengenai Presiden Jokowi yang akan mengunjungi Ukraina dan Rusia pun telah diantisipasi berbagai pihak. Kini, setelah melakukan kunjungan ke Ukraina, Jokowi selanjutnya dijadwalkan akan menemui Presiden Vladimir Putin di Rusia.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas kini telah kembali menuju Polandia usai melakukan lawatannya di Ukraina. Jokowi dan rombongan berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat menuju Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari.

Nantinya, dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia. Turut mendampingi Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya Jokowi diketahui mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.


"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Karena itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menawarkan kepada Zelensky untuk menjadi pembawa pesan ke Putin. Di mana Jokowi memang dijadwalkan akan bertolak ke Rusia dan bertemu dengan Vladimir Putin usai kunjungannya ke Ukraina.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," pungkas Presiden Joko Widodo.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts