35 Ekor Sapi Kurban Siap Dibagikan Presiden Jokowi ke Berbagai Daerah untuk Idul Adha 2022
Rawpixel
Nasional

Presiden Joko Widodo pada Idul Adha tahun ini akan kembali membagikan sapi kurban ke sejumlah wilayah. Kali ini, hewan kurban itu akan disebar ke 35 provinsi yang ada di Indonesia.

WowKeren - Presiden Joko Widodo kembali membagikan hewan Kurban ke berbagai daerah di Tanah Air pada momen Hari Raya Idul Adha tahun ini. Jokowi telah menyiapkan 35 ekor sapi yang akan disembelih saat pelaksanaan Idul Adha 1443 H, Minggu (10/7) lusa.

Nantinya, Presiden Jokowi bakal membagikan masing-masing 1 ekor sapi Kurban untuk satu provinsi. Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartanto. Tak hanya itu, Jokowi rupanya juga mengirim satu lagi sapi untuk disembelih di Masjid Istiqlal.

Heru mengungkap sapi-sapi tersebut mencapai berat 800 kg hingga 1 ton. Bahkan, ada satu ekor sapi yang memiliki berat mencapai 1,4 ton. Sapi itu diketahui berasal dari daerah NTB.

"Per provinsi satu, beratnya kurang lebih kita harapkan 800 kilogram sampai satu ton. Ada yang tadi di daerah NTB itu 1,4 ton. Jakarta ada dua tempat, Masjid Istiqlal dan Islamic Center Jakarta Utara," ungkap Heru Budi Hartanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/7).


Heru kemudian juga mengungkapkan bahwa sapi-sapi dari Jokowi itu bakal diserahterimakan kepada gubernur tiap-tiap provinsi esok hari, Sabtu (9/7). Setelah prosesi serah terima usai, sapi-sapi itu nantinya bakal diantar ke masjid-masjid yang ditunjuk gubernur.

Selain itu, sapi-sapi dari Presiden Jokowi itu juga telah melewati pemeriksaan kesesuaian syariat oleh Kementerian Agama. Termasuk juga telah melewati pemeriksaan kesehatan oleh Kementerian Pertanian. Termasuk soal ancaman infeksi PMK.

Heru Budi Hartanto meyebut bahwa sapi-sapi Jokowi juga sudah dipastikan bebas penyakit mulut dan kuku. Dia berkata sapi-sapi Jokowi telah dipisahkan dari hewan ternak lainnya. Apalagi puluhan hewan Kurban itu juga terus diawasi oleh pihak terkait.

"Diawasi unsur staff dari Dinas Pertanian supaya sehat, gemuk, dan tidak tertular [PMK]. Istilahnya sudah dipingit," pungkas Heru.

Sebelumnya, pemerintah diketahui telah menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu (10/7). Penetapan itu dilakukan dalam Sidang Isbat yang digelar pada rabu (29/6).

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait