Fadli Zon Ke Kyiv Bawa Misi Akhiri Konflik Ukraina-Rusia, Sempat Datangi Bangunan Rusak Imbas Perang
Twitter/fadlizon
Nasional

Fadli Zon mengunjungi Ukraina bersama Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force yang dibentuk sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Sidang Umum IPU ke-144 di Nusa Dua pada bulan Maret 2022 lalu.

WowKeren - Fadli Zon selaku Ketua BKSAP DPR RI berkunjung ke Kyiv, Ukraina, bersama Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force. Di sana, mereka menggelar dialog dengan Ketua Parlemen Ukraina, Ruslan Stefanchuk.

Adapun IPU Task Force dibentuk sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Sidang Umum IPU ke-144 di Nusa Dua pada bulan Maret 2022 lalu. Hal itu merupakan wujud komitmen parlemen dunia untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina.

"Dalam kunjungan ke Kyiv ini, IPU Task Force membawa misi untuk membuka kran dialog demi mengakhiri konflik," jelas Fadli Zon dan keterangannya di media sosial, Rabu (13/7). "IPU Task Force juga menyampaikan komitmen untuk menjadi jembatan dialog antara Rusia dan Ukraina dalam mencari solusi damai melalui diplomasi parlemen."

Fadli Zon mengungkapkan bahwa IPU Task Force meminta Parlemen Ukraina untuk bersedia membuka dialog dengan Parlemen Rusia. Fadli Zon mengakui bahwa hal tersebut tidak mudah, namun jalan dialog dan diplomasi dinilainya harus tetap terbuka sebagai pintu jalan keluar.


"Sebagai anggota IPU Task Force mewakili kawasan Asia Pasifik, saya menyampaikan keprihatinan atas dampak perang yg terjadi di Ukraina terutama di wilayah Ukraina Timur," lanjut Fadli Zon. "Saya juga mengundang Ketua Parlemen Ukraina untuk hadir di forum the 8th G20 Parliamentary Speaker's Summit yg akan diadakan pada 6-7 Oktober 2022 di Jakarta."

Selama di Ukraina, Fadli Zon dan rombongannya sempat mengunjungi Dmytrivka Village yang memiliki banyak tank peninggalan tentara Rusia. Selain itu, Fadli Zon juga sempat mengunjungi lokasi yang hancur terdampak perang.

"Kami juga ke wilayah Bucha dan Irpin, kota kecil di utara Kyiv yg terdampak perang cukup parah berupa kerusakan bangunan tempat tinggal, pusat bisnis, dan sejumlah fasilitas publik," ungkapnya.

Wali Kota Bucha dan Wali Kota Irpin menyambut kedatangan rombongan Fadli Zon tersebut. Sama seperti Presiden Joko Widodo, Fadli Zon juga berkunjung ke Ukraina via Polandia.

"Kunjungan ke Kyiv dilakukan melalui jalur darat dari Polandia yaitu dgn kendaraan roda empat dari Warsawa ke Stasiun Chelm, kota kecil di tenggara Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina," paparnya. "Dari Chlem perjalanan dilanjutkan menggunakan kereta api selama 15 jam menuju Kyiv."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait