Jalur Roda 2 Jembatan Suramadu Ditutup Setahun Sampai 2023, Bagaimana Nasib Pengguna Motor?
Nasional

Jalur Roda dua di Jembatan Suramadu bakal ditutup hingga satu tahun ke depan. Hal itu dikarenakan adanya proyek pengerjaan pemasangan saluran kabel tegangan tinggi. oleh pihak PLN.

WowKeren - Keberadaan Jembatan Suramadu telah memudahkan mobilitas masyarakat dari Surabaya ke Madura dan sebaliknya sejak tahun 2009 lalu. KIni, Suramadu pun jadi jalur transportasi darat utama bagi kendaraan roda dua maupun empat yang menghubungan Jawa dan Madura.

Namun kini jalur roda 2 Jembatan Suramadu bakal ditutup. Lantas, apakah para pengguna sepeda motor dan kendaraan roda dua lainnya sudah tak bisa mengakses Jembatan Suramadu?

Tenang saja, penutupan jalur roda dua di Suramadu hanya bersifat sementara hingga tahun 2023 mendatang. Selain itu, para pengguna kendaraan roda dua juga masih bisa lewat Jembatan Suramadu. Nantinya para pengguna kendaraan roda dua bakal dialihkan ke jalur roda 4.

Penutupan Jembatan Suramadu sendiri dilakukan karena ada pengerjaan pemasangan saluran kabel tegangan tinggi. Hal itu untuk pasokan listrik oleh PT PLN ke Pulau Madura.

Pihak kepolisian pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk penutupan jalur roda dua di Suramadu. Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo mengatakan, rekayasa lalu lintas tahap awal dilakukan pada jalur kendaraan roda dua arah Surabaya-Madura.


"Jalur roda dua dialihkan ke jalur roda empat jadi bukan penutupan," ujar AKP Eko, Kamis (14/6), melansir CNNIndonesia.com.

Nantinya, Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak bakal menerjunkan 30 hingga 40 orang personel dalam pelaksanaan rekayasa arus lalu lintas di Suramadu. Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan 380 pembatas alias barier untuk memisahkan antara lajur kendaraan roda dua dengan roda empat arah Surabaya - Madura, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Rencana kami libatkan 30-40 orang personel saja secara bergantian," pungkas AKP Eko Adi Wibowo.

Penutupan jalur roda dua arah Surabaya ke Madura Jembatan Suramadu rencananya akan berlangsung selama enam bulan, mulai dari 14 Juli 2022 - 31 Januari 2023. Sementara penutupan jalur roda dua dari Madura ke Surabaya akan mulai ditutup pada bulan Februari hingga Juli 2023.

Kepala Satuan Kerja Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu, Herlambang Zulfikar mengungkap bahwa pengerjaan SKTT sebenarnya sudah direncanakan sejak 2020. Sementara pengerjaannya dilakukan PLN Jawa Timur. Pihaknya pun meminta pelaksana proyek kembali memperbaiki kerusakan infrastruktur yang menjadi dampak pengerjaan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru