Perumahan Puri Kartika Baru Ciledug Banjir Usai Hujan Deras dan Tanggul Jebol, Ini Kata BPBD
Nasional

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, A Ghufron Falfeli, mengungkapkan ada 12 titik di Kota Tangerang yang terendam banjir.

WowKeren - Guyuran hujan deras membuat sejumlah titik di Kota Tangerang, Banten, terendam banji sejak Jumat (15/7). Hujan deras dilaporkan mengguyur Kota Tangerang mulai sekitar pukul 15.20 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, menjadi salah satu wilayah yang terdampak banjir. Kondisi itu diperparah dengan adanya tanggul sungai yang jebol.

"Iya infonya seperti itu (ada tanggul jebol mengakibatkan banjir)," tutur petugas call center BPBD Kota Tangerang bernama Murdi kepada detikcom, Sabtu (16/7) dini hari.

Menurutnya, petugas BPBD Kota Tangerang tengah bersiap menuju Perumahan Puri Kartika Baru. Petugas dari BPBD Kota Tangerang UPT Ciledug juga disebut sudah berada di lokasi untuk memantau banjir dan tanggul jebol itu.

"Iya yang pusat lagi persiapan mau berangkat ke sana, yang dari pos-pos terdekat sudah diluncurkan," paparnya.

Meski begitu, Murdi belum bisa memastikan pukul berapa peristiwa tanggul jebol itu terjadi. Namun tim BPBD mendatangi lokasi dengan membawa sejumlah perlengkapan evakuasi seperti perahu karet.


"Enggak tahu (kejadian jam berapa) karena kami juga belum tahu pasti. Kami juga belum tahu kondisinya seperti apa," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, A Ghufron Falfeli, mengungkapkan ada 12 titik di Kota Tangerang yang terendam banjir. Kondisi tersebut membuat kendaraan kesulitan melintas.

"Sampai hampir enam jam itu tercatat ada 12 titik banjir dari cuaca ekstrem ini," jelas Ghufron dalam keterangan tertulisnya. "Dari banjir ini, jalan tergenang kendaraan sulit melintas. Pohon tumbang menghalangi akses kendaraan."

Di sisi lain, satu unit mobil dilaporkan sempat terjebak banjir di Taman Cibodas, Kota Tangerang, pada Jumat malam. Hampir seluruh badan mobil tersebut terendam air.

Menurut seorang warga bernama Rike Aprilia, mobil tersebut nekat menerobos banjir di bawah flyover Cibodas sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya, mobil tersebut terjebak air.

"Iya itu di jalan bawah flyover Cibodas. (Mobil) Enggak lagi parkir, itu dia nerobos," terangnya. "Mungkin dia enggak lihat kali air segitu dalemnya."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait