Dituduh Rasis, Yves LOONA Minta Maaf Pasca Pasang Foto Kartun Korea Punya Bibir Tebal
Instagram/loonatheworld
Selebriti

Baru-baru ini, Yves LOONA menjadi santer diperbincangkan karena aktivitasnya di sebuah aplikasi penggemar yang niatnya bercanda justru membuat geram karena dituding rasis.

WowKeren - Secara tidak sengaja, Yves LOONA membuat netizen geram karena candaannya yang dinilai kelewatan. Hal ini bermula ketika ia mengganti foto profilnya di sebuah aplikasi pesan khusus para artis untuk berbagi foto dengan penggemar.

Pada Kamis (28/7), Yves menggunakan aplikasi Fab untuk berbagi foto baru dengan para penggemar. Dalam foto tersebut, Yves memperbarui fotonya untuk penggemar yang mana ia memperlihatkan bentuk bibirnya membengkak akibat reaksi alergi. Seorang penggemar Korea berkomentar bahwa dia mirip dengan Go Eun Ae yang merupakan tokoh Korea dari acara "Run Hani".

Karena Yves melihat komentar tersebut, ia sengaja mengubah foto profil di aplikasi Fab-nya itu menjadi Go Eun Ae. Sayangnya, niatnya untuk mengajak penggemar bercanda justru mendapat tanggapan kurang menyenangkan.

Penggemar asing yang melihat foto profil tersebut menuntut Yves meminta maaf karena karakter Korea yang digunakannya sebagai foto profil itu digambarkan memiliki rambut keriting dan bibir tebal. Ini menandakan bahwa Yves memperlihatkan karakter rasis yang merendahkan orang kulit hitam. Akhirnya, Yves menyadari hal ini dan ia mengubah foto profilnya lagi dan merilis permintaan maaf karena dianggap "rasis."


"Beberapa saat yang lalu, saya mengubah gambar profil saya menjadi Go Eun Ae, dan banyak dari kalian yang kesal. Saya menggunakan karakter dari 'Run Hani,' yang merupakan manhwa klasik Korea. Namun, saya tidak bisa membayangkan bahwa ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya kepada orang-orang yang telah kecewa karenanya. Sebelum saya menggunakan karakter lain lain kali, saya akan mencoba untuk mengkonfirmasi apakah itu dapat menyebabkan kesalahpahaman," kata Yves kemudian.

Dituduh Rasis, Yves LOONA Minta Maaf Pasca Pasang Foto Kartun Korea Punya Bibir Tebal

Sumber: Kpopstarz

Setelah kontroversi ini mencuat, Go Eun Ae Yve dibagikan di Twitter dan dengan cepat menarik perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Terlepas dari kecaman penggemar yang menuntut permintaan maaf dari Yves, beberapa netizen mencoba membela anggota LOONA dengan menunjukkan bahwa Go Eun Ae tidak mengejek orang kulit hitam tetapi merupakan representasi dari ahjumma Korea (wanita yang sudah menikah atau setengah baya).

"Ini Go Eun Ae, dan dia bukan karikatur untuk orang kulit hitam. Dia seharusnya menjadi representasi dari ajumma (bibi) Korea. Itu bukan bibirnya. Itu sebenarnya lipstik yang melampaui batas untuk mewakili sifat gosip. dari ajumma," komentar netizen.

"Itu adalah karakter wanita Korea paruh baya. Orang Korea juga bisa memiliki rambut keriting. Yang paling penting, wanita paruh baya sering mendapatkan perm di Korea. Juga, orang Korea dapat memiliki bibir besar, yang dapat ditekankan dengan kartun yang dibesar-besarkan. Sama seperti mata besar, hidung besar, dan telinga besar ditekankan," tulis netizen lainnya.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru