Jokowi Ikut Zikir dan Doa Kebangsaan Jelang HUT ke-77 RI, Puji Tausiyah Wapres Ma'ruf Amin
Twitter/jokowi
Nasional

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat mengingatkan bahwa dunia sudah dalam kondisi tidak baik-baik saja. Menurutnya, dunia kini tengah menghadapi kesulitan akibat perang di Ukraina setelah juga sempat dihantam pandemi COVID-19.

WowKeren - Presiden Joko Widodo menghadiri acara zikir dan doa kebangsaan di halaman Istana Merdeka pada Senin (1/8) malam. Acara tersebut mengawali rangkaian peringatan HUT ke-77 RI.

"Hadir para tokoh lintas agama, para ulama, hingga ratusan santri Majelis Zikir Hubbul Wathan," ungkap Jokowi melalui akun Twitter resminya, Selasa (2/8). "Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ustaz Abdullah Sengkang. Zikir kebangsaan dipimpin oleh K.H. Miftachul Akhyar, sementara Habib Muhammad Luthfi bin Yahya memimpin doa didampingi oleh lima tokoh lintas agama."

doa kebangsaan

Twitter/@jokowi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun sempat memberikan tausiyah dalam acara tersebut. Dalam tausiyahnya, Ma'ruf menyampaikan bahwa Allah memberikan sinar kepada kita dengan kemerdekaan saat kita berada dalam kegelapan penjajahan.

Tausiyah dari Ma'ruf ini lantas dipuji oleh Jokowi. Kala memberikan sambutan, Jokowi juga sempat berkelakar mengenai enaknya memiliki Wapres yang berlatarbelakang kiai.


"Tadi saya rasa sudah banyak disampaikan oleh Pak Wapres mengenai nikmatnya kemerdekaan," ujar Jokowi. "Ini enaknya kalau Wakil Presidennya itu Pak Kiai."

Pernyataan Jokowi disambut oleh tawa para hadirin. Beberapa orang tampak bertepuk tangan mendengar kelakar Jokowi tersebut.

"Makasih Pak Kiai, tausiyahnya jelas jadi saya tidak usah mengulang lagi," kata Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi sempat mengingatkan bahwa dunia sudah dalam kondisi tidak baik-baik saja. Menurutnya, dunia kini tengah menghadapi kesulitan akibat perang di Ukraina setelah juga sempat dihantam pandemi COVID-19.

Hal tersebut menyebabkan krisis di bidang energi, pangan, hingga keuangan. Jokowi menyebut bahwa sejumlah negara sudah ambruk karena tak memiliki uang untuk membeli energi atau pangan.

"Marilah kita berdoa bersama, berzikir bersama memohon kepada Allah SWT agar negara kita selalu dilimpahi pangan dan energi dan kita tidak kekurangan akan hal itu," tukasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait