Pujian India untuk Indonesia: Berpengaruh dan Penting di Dunia
Instagram/jokowi
Nasional

Dubes India turut menyampaikan ucapan selamat atas perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Dubes India itu juga menyampaikan pujian atas keberhasilan Indonesia bertahan dalam krisis global saat ini.

WowKeren - India diwakili oleh Duta Besarnya di Indonesia turut menyampaikan ucapan selamat atas peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, yang jatuh pada Rabu (17/8) hari ini. Hal itu disampaikan Manoj Kumar Bharti selaku Dubes India di Indonesia, setelah menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/7) kemarin.

"Atas nama rakyat India, dan atas nama Pemerintah India, saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77," ujar Manoj Kumar Bharti, melansir Republika.co.id.

Manoj sebelumnya juga menyampaikan pujiannya pada Indonesia yang dinilai tangguh dalam menghadapi krisis global. Manoj memuji pemerintahan demokratis yang ada di Indonesia. Ia juga menyebut Indonesia berhasil bergerak maju dengan cara paling penting dan berpengaruh di dunia secara global.

"Indonesia telah terbukti sebagai negara yang sepenuhnya demokratis dan telah maju dengan cara yang paling berpengaruh dan penting di dunia saat ini," ungkap Manoj Kumar Bharti.


Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo sebelumnya juga mengungkap keberhasilan Indonesia dalam meningkatkan kepercayaan internasional kepada Tanah Air. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato di acara sidang tahunan tersebut.

Salah satu contohnya, Indonesia bisa diterima sebagai jembatan perdamaian bagi dua negara Eropa yang kini tengah bersitegang, Rusia dan Ukraina. Serta diterima oleh sejumlah negara-negara besar lain meski kondisi geopolitik di berbagai wilayah saat ini sedang memanas.

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia," pungkas Presiden Jokowi.

Apalagi tahun depan, Indonesia juga didapuk sebagai Ketua ASEAN. Hal itu menurut Jokowi membuktikan bahwa Indonesia saat ini berada di puncak kepemimpinan global dan punya kesempatan besar untuk menjalin kerja sama internasional.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait