Kemenparekraf Kembangkan WonderVerse Indonesia untuk Promowi Pariwisata Digital
Instagram/kemenparekraf.ri
Nasional

Kemenparekraf bekerja sama dengan Magnus Digital Indonesia mengembangkan WonderVerse Indonesia. Kemenparekraf ingin ikut memasukkan promosi wisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Metaverse.

WowKeren - Indonesia terus berusaha mengikuti perkembangan teknologi global untuk memajukan pembangunan di Indonesia, termasuk teknologi Metaverse. Terbaru, Kemenparekraf RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengembangkan WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia merupakan sebuah teknologi Metaverse yang dibangun untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air secara digital dan interaktif. Poyek ini dikembangkan Kemenparekraf RI bersama dengan Magnus Digital Indonesia, konsultan ad-tech marketing bagian dari Volare Advertising Network.

Seperti diketahui, teknologi Metaverse saat ini telah menjadi tren global di berbagai sektor. Karena itu, banyak produsen kini mulai membangun pasar secara virtual di Metaverse. Hal itulah yang juga dilihat oleh Kemenparekraf.

Kemenparekraf memiliki visi untuk menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi tersebut untuk memajukan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. 3G yang digagas Menparekraf, Sandiaga Uno pun jadi salah satu strategi yang diterapkan. 3G merupakan kependekan dari 3G: Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Usaha).


Melalui WonderVerse Indonesia, Kemenparekraf dan Magnus Digital Indonesia diharapkan jadi yang pertama mempromosikan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia secara digital. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk mendorong industri ekonomi kreatif agar bisa mempromosikan produknya scara digital.

“Kita sedang dalam suatu transisi dimana digitalisasi mendorong transformasi dan platform-platform baru yang dapat mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif ini bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/8/2022).

"Dunia Metaverse yang terbaru ini, merupakan sebuah terobosan yang baru mulai dirasakan dan terakselerasi justru karena pandemi dimana kita bisa berkegiatan secara interaktif," sambungnya.

WonderVerse Indonesia juga mudah diakses di mana saja lewat perangkat desktop, di mana ke depannya akan ada pengembangan menggunakan perangkat VR (Virtual Reality). Kehadiran WonderVerse Indonesia diharapkan bisa jadi pembangkit sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia setelah 2 tahun terdampak pandemi COVID.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts