BI Luncurkan Uang Kertas Baru Hari Ini, Begini Penampakannya
Nasional

Tepat satu hari setelah perayaan HUT RI ke-77, BI meluncurkan uang rupiah kertas baru emisi tahun 2022. Adapun uang baru yang diluncurkan itu mulai dari Rp1.000 hingga Rp100.000.

WowKeren - Bank Indonesia (BI) pada Kamis (18/8) hari ini, diketahui meluncurkan uang rupiah kertas emisi tahun 2022. Adapun uang kertas baru yang diterbitkan itu mulai dari pecahan Rp1.000 hingga Rp100.000.

Peluncuran uang baru tersebut dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Peluncuran uang kertas baru ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Bank Indonesia.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa, saya Perry Warjiyo, Gubernur BI dan Menkeu Sri Mulyani meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI," tutur Perry dalam peluncuran uang baru tahun emisi 2022, Kamis (18/8).

Photo-INFO

Instagram/@bank_indonesia


Perry kemudian mengatakan bahwa peluncuran uang kertas baru itu merupakan wujud nyata komitmen bersama guna menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol pemersatu bangsa. Ia pun mengajak masyarakat untuk mencintai, bangga, hingga memahami rupiah.

Sementara itu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa rupiah bukan sekadar mata uang, namun menggambarkan perjalanan bangsa dan Negara Kesatuan RI. Kemudian ia menjelaskan bahwa ORI atau Oeang Republik Indonesia dilahirkan, disahkan, dan berlaku pada 30 Oktober 1946 silam. Menurutnya, hal ini lantas menandai babak baru Indonesia yang baru merdeka.

Sri Mulyani kemudian menerangkan bahwa dalam setiap lembar rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Hal ini kemudian menjadi sebuah motif dan spirit keberagaman dan kebersatuan. "Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen kita semua," terang Sri Mulyani.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menekankan bahwa rupiah merupakan satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia. Maka dari itu, sudah seharusnya rupiah dihormati dan dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Adapun ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 yang diteken pada 6 Juli.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait