Dalam Proses, Ferdy Sambo Bakal Dipecat Tidak Hormat dari Polri?
Nasional

Irjen Ferdy Sambo juga menghadapi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat usai menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Proses PTDH saat ini dilaporkan masih dalam tahap pemberkasan.

WowKeren - Kejahatan yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo tak hanya mengantarkannya ke hukuman di pengadilan, tapi juga dari Institusi Polri. Termasuk Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH) atau dipecat dari Institusi Polri.

Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pun disebut sudah dalam tahap pemrosesan berkat untuk pemberhentian tidak dengan hormat kepada Irjen Ferdy Sambo. Saat ini, PTDH tersebut masih dalam proses pemberkasan.

"Kadiv Propam Polri sudah melaporkan (PTDH) masih dalam proses pemberkasan," kata Inspektur Pengawasan Umum (Irsum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/8) kemarin, melansir Tempo.com.

Tak hanya itu, Irjen Ferdy Sambo juga dijadwalkan untuk menjalani sidang kode etik. Namun Komjen Agung menyebut sidang kode etik tersebut belum bisa dilakukan untuk minggu ini.


"Insya Allah dalam waktu dekat juga akan dilakukan sidang kode etik tapi belum bisa minggu ini, tapi paling tidak minggu berikutnya," ungkap Komjen Agung.

Kebijakan soal PTDH anggota kepolisian sendiri diatur dalam Perpol (Peraturan Polisi) Nomor 7 Tahun 2022 mengenai Kode Etik Profesi dan Komisi Etik Kepolisian Negera Republik Indonesia, ditetapkan pada 14 Juni 2022 dan diundangkan pada 15 Juni 2022.

"Terhadap terduga pelanggar Kode Etik Profesi Polri (KEPP) yang diancam dengan sanksi PTDH diberikan kesempatan untuk mengajukan pengunduran diri dari dinas Polri atas dasar pertimbangan tertentu sebelum pelaksanaan Sidang KKEP", bunyi Pasal 111 dalam Perpol tersebut.

Seperti diketahui, Ferdy Sambo turut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian salah satu ajudannya, Brigadir J pada Jumat (8/7) lalu. Di mana pembunuhan tersebut terjadi dilaporkan terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka yang merencanakan pembunuhan kepada Brigadir J.

Selain Sambo, ada 4 orang lain yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Mereka adalah Bharada E, Bripka RR, KM dan terbaru adalah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait