Ingin Rangkul Anak Muda, RM BTS Punya Konsep Adakan Galeri Seni dan Kafe Jadi Satu
Twitter/bts_bighit
Selebriti

RM BTS telah sukses memberikan wawasan luas kepada anak muda terkait karya seni yang menjadi minatnya sejak lama sehingga ia dijuluki sebagai 'Art Sponsor of The Year'.

WowKeren - Mengoleksi berbagai karya seni tampaknya telah dilakukan oleh RM (Rap Monster) BTS (Bangtan Boys). Bagaimana tidak, RM bahkan bercita-cita ingin membuka sebuah ruang seni khusus untuknya.

Pada wawancara RM bersama New York Times pada 25 Agustus, ia berbicara tentang kecintaannya terhadap karya seni. RM yang telah mengumpulkan "koleksi seni" selama bertahun-tahun mengatakan kepada Art Basel di podcast pameran jika dirinya berpikir untuk membuka semacam galeri seni.

Ini membuat RM meruntuhkan penghalang antara seni lama dan generasi muda saat penggemar mulai mengikuti jejaknya. Atas hal ini, RM mengatakan bahwa hasratnya pada seni visual muncul secara kebetulan dan lebih dari pertemuan yang tidak disengaja.

"Akar seniku ada di Korea. Aku bisa merasakan jenis keringat dan darah mereka," tutur RM. Meski ia sering melakukan perjalanan ke luar negeri, RM memusatkan koleksinya pada seniman dalam negeri terutama dari generasi yang hidup melalui perang Korea, kediktatoran militer dan permasalahan ekonomi yang luar biasa.

"Aku merasa seperti mereka mengawasiku. Aku termotivasi. Aku ingin menjadi orang yang lebih baik, orang dewasa yang lebih baik, karena ada aura yang berasal dari karya seni yang dipamerkan," ungkap RM.


"Ketika aku merasa lelah atau kecewa, aku terkadang berdiri di sana dan berbicara dengan mereka," katanya. RM membayangkan sebuah kafe di lantai dasar dan area pameran di atas menampilkan seniman Korea dan Internasional dengan cara yang menarik bagi kaum muda. "Menurutku ada sesuatu yang dapat kutawarkan sebagai orang luar dari industri seni," ujar leader BTS ini.

Terungkap bahwa surat kabar tersebut menyebutkan bahwa RM meminjamkan patung kuda terra cotta karya seniman asal Korea Selatan Kwon Jin Kyu kepada Museum Seni Seoul. Tentunya ini merupakan momen yang langka bagi seorang idola meminjamkan koleksi pribadinya ke ruang publik.

Tak hanya itu, RM juga menyumbangkan 100 juta won ke Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer di tahun 2020 silam sehingga ia dinobatkan sebagai "Art Sponsor of The Year". Keterlibatan RM dalam mensponsori acara seni ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan mengingat ia merupakan idola yang terkenal di ranah internasional.

RM mengatakan jika ia tidak menikmati museum yang dia kunjungi saat kecil bersama keluarga. RM pernah berkelana ke Institut Seni Chicago selama beberapa waktu tur pada tahun 2018 dan lukisan oleh Seurat dan Monet. Tidak disangka, itu menjadi titik baliknya mencintai seni lukis.

"Itu hampir seperti sindrom Stendhal (kondisi di mana seni menyebabkan gejala fisik pada penonton, seperti pusing atau detak jantung yang meningkat). Aku mulai membaca buku lagi," ujar RM mendeskripsikan kecintaannya. RM yang cukup belajar saat berusia 17 tahun karena menjadi trainee BTS itu juga telah membaca banyak buku yang berkualitas.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait