Anggaran Konser Gratis BTS Diperkirakan Membengkak, HYBE Sebut Ini Pemicunya
Musik

HYBE buka suara terkait biaya anggaran konser gratis BTS ini dengan menekan anggaran belanja, namun layanan streaming online diperkirakan menjadi salah satu alasan dana membengkak.

WowKeren - Dalam waktu satu bulan saja, konser gratis BTS "Yet To Come" yang diadakan dalam rangka meramaikan Busan World Expo 2030 hingga kini terus menuai polemik. Pasalnya, HYBE selaku penyelenggara sendiri mengungkapkan bahwa total biaya produksi yang mereka keluarkan belum pasti karena dinilai akan membengkak.

Belakangan ini, perhatian tertuju pada betapa berlebihannya menggelar konser "Yet to Come" yang digelar di Kota Busan untuk keberhasilan BTS ditunjuk menjadi duta Busan World Expo 2030. Dengan tingginya minat penggemar terhadap konser gratis ini, HYBE pun memindahkan lokasi ke venue yang lebih besar kapasitasnya yaitu di Stadion Utama Busan Asiad.

Menurut agensi mereka HYBE, Live play di pelabuhan Busan dan streaming online bersama dengan konser gratis juga akan disediakan. Namun, beberapa pihak meragukan bagaimana biaya akan ditanggung.

"Sungguh menyedihkan bahwa kontroversi seperti itu terjadi saat kota Busan, dunia ekonomi, HYBE, dan BTS berusaha keras untuk keberhasilan tawaran Busan World Expo 2030," ungkap perwakilan HYBE kepada awak media pada 8 September.

Sekitar 7 miliar won akan digunakan hanya untuk konser, menurut HYBE. Ini karena Stadion Utama Asiad adalah stadion berskala besar dengan kapasitas 50 ribu orang disertai panggung dan peralatan berkualitas tinggi yang juga dipasang untuk menyamai status dunia BTS.


"Diperkirakan biaya yang cukup besar juga akan diperlukan untuk menyediakan streaming online di seluruh dunia secara gratis. Total biaya akan jauh lebih tinggi daripada informasi yang diketahui publik," kata perwakilan HYBE.

Mengenai anggaran yang diduga mencapai 7 miliar won lebih ini, mereka menambahkan dana tersebut dari berbagai tujuan. "Kami sedang mengerjakan anak perusahaan lain seperti mensponsori dari perusahaan, iklan streaming online, "The City Project (taman bermain konser gaya kota oleh HYBE untuk menyediakan berbagai kegiatan dan acara di sekitar kota sebelumnya dan setelah konser) untuk membantu menutupi biaya," pungkas perwakilan HYBE.

Tetapi HYBE mengatakan jika sebenarnya anggaran untuk konser serta streaming gratis konser ini belum ditentukan. Hal ini menyebabkan HYBE tidak banyak bicara terkait penutupan anggaran dana yang sebelumnya sudah mereka tentukan.

"Biaya untuk konser dan streaming gratis belum ditentukan. Tidak diketahui berapa banyak dari total yang dapat ditutupi dari apa yang telah kami rencanakan. Sejak perencanaan proyek ini, kami berencana untuk mengurangi defisit (anggaran belanja). Kami akan mencoba berbagai cara untuk mengurangi defisit," tutur pihak HYBE.

Sementara itu, HYBE juga menyinggung bahwa Kota Busan juga mengatakan untuk mendukung badan tersebut agar tidak mengalami kerugian besar. Tak dapat dipungkiri bagaimana antusias penggemar menyaksikan BTS untuk konser di kota kelahiran Jimin BTS tersebut.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait