Demo BBM Kembali Digelar di Jakarta, Jokowi Pulang Dari Istana Lewat Gerbang Belakang?
HMJ UNPAD
Nasional
Harga BBM Naik

Polisi sempat menutup arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat pada Kamis (8/9). Ruas jalan di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) dipasangi kawat berduri untuk mencegah massa demo BBM menuju Istana Kepresidenan.

WowKeren - Rangkaian demo menolak kenaikan harga BBM masih terus terjadi di sejumlah wilayah. Massa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sempat memprotes kenaikan harga BBM di kawasan Patung Arjuna, Jakarta Pusat, pada Kamis (8/9).

Polisi pun sempat menutup arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat. Ruas jalan di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) dipasangi kawat berduri untuk mencegah massa menuju Istana Kepresidenan.

Massa sendiri dilaporkan sempat menutup salah satu akses jalan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan pada 15.50 WIB sehingga kendaraan tak bisa melintas. Selain itu, massa turut membakar ban sembari berorasi.

"Aspirasi kita di sini, kita harap didengarkan!" ujar sang orator dari atas mobil komando.


Di sisi lain, Presiden Joko Widodo dikabarkan pulang lewat pintu gerbang belakang Istana Merdeka pada Kamis sore ini. Melansir Kompas.com, Jokowi biasanya pulang melalui pintu gerbang di depan Istana yang langsung menghadap Jalan Medan Merdeka Utara. Namun sore ini rombongannya tampak meninggalkan Istana melalui gerbang belakang yang berhadapan langsung dengan Jalan Veteran.

Persiapan kepulangan Jokowi disebut telah dilakukan sejak 17.10 WIB. Petugas membuka pintu gerbang belakang istana dan sejumlah petugas keamanan kemudian disiagakan untuk berjaga di sisi kiri pintu gerbang.

Ruas Jalan Veteran yang berdekatan dengan gerbang belakang Istana Merdeka telah disterilkan pada pukul 17.21 WIB. Kemudian rangkaian pengawalan kepulangan meninggalkan halaman belakang Istana Merdeka sekitar pukul 17.24 WIB. Setelah rombongan meninggalkan kawasan istana, gerbang belakang ditutup dan Jalan Veteran kembali difungsikan secara normal.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakpus Kombes Pol Komarudin mengatakan bahwa massa demo BBM baru meninggalkan lokasi pada pukul 18.00 WIB. Arus lalu lintas berangsur normal dan pihak kepolisian membuka kembali barrier yang sempat dipasang.

Komarudin juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jakarta atas kemacetan yang sempat terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas terkait demo BBM. "Hari ini yang dialihkan tadi hanya dari Patung Kuda ke Istana Negara, hanya dua ruas jalan yang ditutup karena memang dijadikan tempat untuk penyampaian aspirasi oleh beberapa elemen yang hadir," tukasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts