Indosat PHK Sebagian Karyawan, Ada yang Terima Pesangon Hingga Bernilai Miliaran
Nasional

Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison belum lama ini menyampaikan kabar kurang mengenakkan, yang mana memutuskan untuk melakukan PHK kepada sebagian karyawannya.

WowKeren - Salah satu perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia yakni Indosat Ooredoo Hutchison baru saja diketahui mengumumkan bahwa perusahaan telah menempuh langkah untuk mem-PHK sebagian karyawan atau disebut sebagai rightsizing. Atas putusan ini, pihak Indosat menyebut bahwa proses PHK berjalan lancar.

Dalam langkah PHK itu, disebutkan ada lebih dari 95 persen karyawan Indosat yang terkena dampak telah menerima tawaran itu. Sementara sebagian kecil lainnya disebut masih mempertimbangkan tawaran yang diberikan perusahaan.

Adapun paket kompensasi yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawan diketahui rata-rata mencapai 37 kali upah. Sedangkan untuk penawaran kompensasi tertinggi yang ditawarkan adalah 75 kali upah. Hal ini bahkan dikatakan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan Undang-Undang yang berlaku di sini.

Steve Saeran selaku SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison bahkan mengungkapkan ada karyawan yang mendapatkan kompensasi hingga miliaran rupiah. "Paling tinggi menerima (kompensasi) Rp4,3 miliar rupiah gross," ungkap Steve kepada detikcom, Jumat (23/9).


Sementara itu, Irsyad Sahroni selaku Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan bahwa inisiatif rightsizing berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak.

"Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang yang dilakukan secara objektif dan fair," ujar Irsyad dalam keterangannya di Jakarta.

Di sisi lain, menurut Indosat, perusahaan juga telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan dan telah memahami perlunya untuk meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini.

Maka dari itu, perusahaan memutuskan untuk melakukan inisiatif rightsizing lantaran dinilai sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan.

"Inisiatif rightsizing ini didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis yang membawa Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia," tutup Indosat.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts