New York Times Soroti Perbedaan Besar Jumlah Polisi yang Amankan Acara Itaewon dan Konser BTS
Instagram
Selebriti

Media asing The New York Times membandingkan jumlah personil yang diterjunkan untuk acara di Itaewon dan konser BTS yang jumlahnya sangat berbanding terbalik.

WowKeren - Baru-baru ini media asing mengkritik kinerja pihak kepolisian dalam pengamanan acara Halloween di Itaewon yang kemudian berubah menjadi tragedi mengenaskan. Media bahkan membandingkan jumlah personil yang diterjunkan untuk acara di Itaewon dan konser BTS yang jumlahnya sangat berbanding terbalik.

Pada tanggal 1 November, New York Times melaporkan dalam sebuah artikel berjudul "Para ahli mengatakan bahwa lonjakan massa di Seoul jelas dapat dihindari" bahwa lebih sedikit polisi yang dikerahkan pada acara Halloween di Itaewon daripada polisi yang dimobilisasi untuk konser BTS.


The New York Times mengatakan, “Ketika grup K-pop BTS mengadakan konser dengan 55.000 peserta, 1.300 petugas polisi dikerahkan. Hal itu tidak terjadi pada pesta Halloween di Itaewon yang dipadati puluhan ribu anak muda akibat pencabutan pembatasan COVID-19. Hanya ada 137 petugas polisi di tempat kejadian."

Penulis artikel kemudian menyebutkan Festival Desa Global yang diadakan di Itaewon sebelumnya, menjelaskan, “Tidak seperti ketika festival global yang disponsori pemerintah diadakan, tidak ada garis polisi kontrol kendaraan dan pemandu pejalan kaki pada hari bencana Halloween. (Polisi Korea) terkenal karena merencanakan kerumunan dengan hati-hati agar tidak lepas kendali. Tapi tidak ada (rencana) seperti itu pada 29 Oktober."

Selain itu, penulis mencontohkan, “Sebagian besar polisi yang dikerahkan diperintahkan untuk mencegah kejahatan pelecehan seksual, pencurian, dan penggunaan narkoba. Kematian itu jelas bagi keputusan pihak berwenang. Lebih dari 150 orang tewas di gang sempit." Profesor Millard Hagani dari University of New South Wales di Sydney, Australia juga mengatakan, "Insiden ini benar-benar dapat dihindari," mendesak pemerintah untuk memperhatikan.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru