BLACKPINK Dijadikan Alat Kampanye Politik Parpol Indonesia, Media Korea Ikut Soroti
Twitter/BLACKPINK
Selebriti

Media Korea Chosun Biz menulis, pemanfaatan K-pop sebagai alat promosi oleh partai politik di Indonesia disebabkan oleh tingginya jumlah pemilih muda di negara ini.

WowKeren - BLACKPINK menggelar konser "BORN PINK" di Jakarta pada 11-12 Maret lalu dan tweet salah satu partai politik menjelang perhelatan konser tersebut kini menjadi sorotan. Media Korsel Chosun Biz membicarakan bagaimana Partai Gerindra membagikan tiket konser BLACKPINK dengan sistem undian.

Untuk mengikuti undian, pemilih harus berfoto di depan baliho kandidat calon presiden Prabowo Subianto dengan mengenakan merchandise BLACKPINK dan mempostingnya di media sosial dengan tagar partai dan kandidat. Video pengumuman untuk acara tersebut telah ditonton lebih dari satu juta kali sejak dirilis pada 8 Maret.

BLACKPINK Dijadikan Alat Kampanye Politik Parpol Indonesia, Media Korea Ikut Soroti

Twitter

Chosun Biz juga menulis bahwa partai politik lainnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), juga mengumumkan di akun Twitter resmi mereka bahwa mereka akan membagikan tiket konser BLACKPINK kepada orang-orang yang me-follow akun mereka dan me-retweet postingan mereka.


Tahun lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) mengundang ASTRO untuk tampil di acara pesta mereka. Seorang anggota Pengurus Pusat PAN saat itu mengatakan, "Konser K-pop ini kami rencanakan untuk menarik pemilih muda yang akan memberikan suara di pemilu 2024. Sudah saatnya parpol mendengarkan suara anak muda, bukan hanya meneriakkan slogan-slogan."

BLACKPINK Dijadikan Alat Kampanye Politik Parpol Indonesia, Media Korea Ikut Soroti

Chosun Biz

Chosun Biz menulis, pemanfaatan K-pop sebagai alat promosi oleh partai politik di Indonesia disebabkan oleh tingginya jumlah pemilih muda di negara ini. Indonesia memang bersiap untuk pemilu skala besar tahun depan untuk memilih presiden, anggota parlemen, dan anggota dewan daerah baru.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), generasi "milenial" yang lahir setelah tahun 1980 dan generasi "Z" yang lahir setelah pertengahan tahun 1990-an diharapkan mencapai 60% dari semua pemilih yang memenuhi syarat dalam pemilu mendatang.

Sementara itu, BLACKPINK saat ini masih disibukkan dengan tur konser "BORN PINK" leg Asia. Usai Indonesia, konser tersebut singgah di Kaohsiung, Taiwan, pada 18-19 Maret dan mengumpulkan total 90 ribu penonton. Konser selanjutnya akan digelar di Filipina pada 25-26 Maret.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait