Pakar Musik Korea Kritik Penampilan BLACKPINK di Coachella 2023
YouTube/Coachella
Selebriti

Pakar musik Kim Do Heon memberikan kritik atas penampilan BLACKPINK di panggung Coachella tahun ini. Berikut penjelasan detail mengenai alasannya mengomentari miring.

WowKeren - Penampilan BLACKPINK di Coachella 2023 memang membuat gempar para penggemar di seluruh dunia. Publik Korea juga ramai melontarkan sanjungan dan bangga apalagi Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa tampil dengan menunjukkan budaya Negara Gingseng tersebut.

Namun, kritikus musik Korea justru memberikan komentar negatif atas penampilan BLACKPINK di Coachella tahun ini. Kim Do Heon melalui Facebook mengatakan kalau taktik BLACKPINK di Coachella tidak menggambarkan kalau mereka adalah "headliner" festival tersebut.

"Kalau makna headliner Coachella ditanggapi dengan serius, pendekatan dangkal dan ringan seperti itu tidak akan muncul," terang Do Heon yang menjadi pemberitaan di media Korea saat ini.

"Seharusnya bukan panggung untuk menunjukkan kalau BLACKPINK itu cantik dan terkenl. Ada banyak narasi yang bisa digali dari fakta kalau mereka adalah grup wanita K-Pop dan Asia pertama yang mencapai status headline di festival Amerika," ungkapnya.

Kritikus tersebut sampai membandingkan penampilan BLACKPINK dan Bad Bunny di masa lalu. BLACKPINK disebut hanya menyelesaikan salah satu jadwal sibuk mereka.


"Bad Bunny, yang naik panggung sebagai headliner pertama untuk artis Amerika Latin kemarin, memiliki setlist 25 lagu yang mencakup penjelasan tentang sejarah musik Latin, fungsi pelaporan yang mencerminkan situasi buruk di Puerto Rico, dan narasi pertumbuhan sebagai musisi. Dunia menyadari kedalaman musik Latin, kualifikasinya sebagai musik alternatif, dan keberadaan superstar," beber Do Heon.

"Apa yang ditinggalkan panggung BLACKPINK? Simbol ledakan Asia di AS? Solidaritas perempuan yang diperlihatkan Voynius pada giliran sebelumnya? Sistem K-pop yang memungkinkan hari ini? Apa potensi K-pop sebagai musik alternatif baru? Tidak ada yang tersisa, mereka hanya menyelesaikan salah satu jadwal sibuk mereka," lanjut Do Heon.

Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa dikatakan Do Heon masih jauh dibandingkan para bintang yang menjadi headliner Coachella lainnya. BLACKPINK yang memakai live AR sehingga tidak benar-benar menyanyi secara langsung juga disayangkan Dong Heon.

"Dibandingkan dengan banyak penyanyi yang tampil di panggung Coachella, BLACKPINK tidak pernah berada di level headliner festival. Itu menjadi lebih baik di babak kedua, tetapi nyanyian para anggota di awal, menambahkan ad-lib ke AR, sangat buruk. Mereka bahkan tidak menari dengan semangat seperti para penari cadangan," jelas sang kritikus.

"Mereka mengalami kemunduran di setiap aspek dibandingkan tahun 2019," ucap Dong Heon. "Mereka menyia-nyiakan panggung kejayaan yang diimpikan setiap musisi. K-pop melewatkan kesempatan untuk dianggap serius di pasar global," tutupnya.

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait