Publik Disebut Mulai Memihak SM Entertainment dalam Konflik dengan EXO-CBX
NAVER Post/oksusu
Selebriti

Hal-hal ini dikatakan telah membuat publik mulai mempertanyakan motif EXO-CBX, yang diduga SM telah menandatangani kontrak ganda dengan pihak ketiga. Netizen juga bersimpati pada member EXO lainnya.

WowKeren -

Konflik antara SM Entertainment dan Chen, Baekhyun, dan Xiumin (juga dikenal sebagai EXO-CBX) terkait kontrak eksklusif masih berlangsung dengan publik yang kini disebut mulai memihak SM. Netizen di komunitas online Pann menyebutkan ada beberapa alasan kenapa agensi tersebut mulai mendapat simpati dalam kasus ini.

Pertama, SM menyatakan bahwa detail terkait kontrak pembagian pendapatan antara agensi dengan artis (dalam hal ini EXO-CBX) dapat dilihat oleh para ahli kapan saja dan selama beberapa hari. Salinan itu dapat diberikan dengan menulis memorandum kerahasiaan karena berisi rincian kontrak member lain. Namun, EXO-CBX disebut menuntut untuk memberikan salinan tersebut sementara menolak memorandum kerahasiaan.

Kedua, terkait perpanjangan kontrak secara otomatis jika jumlah album tidak terpenuhi, hal itu merupakan klausul kontrak yang sering digunakan oleh agensi lain untuk melindungi artis. Ketiga, EXO-CBX menghubungi firma hukum besar selama sekitar satu tahun untuk meninjau dan menandatangani ulang kontrak eksklusif mereka, tapi sekarang mereka menyebutnya sebagai kontrak budak karena jangka waktunya terlalu lama.

Keempat, informasi kontrak pembagian pendapatan dari member EXO lainnya disertakan, sehingga persetujuan member lain dicari dan data penyelesaian disediakan. Ini bisa berakibat fatal bagi EXO dan agensi jika informasinya sampai ke agensi lain, tapi EXO-CBX menuntut agar mereka menggunakan perjanjian non-disclosure.


Hal-hal ini dikatakan telah membuat publik mulai mempertanyakan motif EXO-CBX, yang diduga SM telah menandatangani kontrak ganda dengan pihak ketiga. Netizen juga bersimpati pada member EXO lainnya, yang dianggap mempertaruhkan seluruh kontrak gaji mereka bocor untuk menyelamatkan EXO.

"Aku tidak tahu tentang hal-hal lain, tapi bukankah sudah jelas bahwa masa kontrak mereka akan dimulai setelah hari debut mereka daripada ketika mereka mulai menjadi trainee? Lalu jika mereka tidak senang dengan agensi dan keluar 1 tahun setelah debut, apa fungsi agensi?" komentar netizen.

"Aku baru saja membaca pernyataan CBX dan mereka menyebutkan lebih dari 8 kali untuk mengubah ketentuan kontrak. Mereka diberitahu oleh firma hukum untuk mengubah ketentuan tapi bahkan di antara Soshi, beberapa member tidak memperbarui tapi dapat berpromosi dengan grup, bukan? Jika mereka yang mengundurkan diri dari kontrak, mengapa menikam agensi? Sejak saat itu, sepertinya mereka hanya berusaha keluar dari sana dengan menunjukkan semua kesalahan yang dilakukan SM," kata netizen lainnya.

"Pada akhirnya, mereka melihat uang itu dan ketiganya pergi bersama MC Mong," ujar yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait