IU Siap Gugat Balik Penyebar Rumor Plagiat Hingga Isu Mata-Mata Korut
Instagram/dlwlrma
Selebriti

Pada Senin (7/8) waktu setempat, EDAM Entertainment mengumumkan jika pihaknya sedang dalam proses pengajuan tuntutan pidana terhadap semua orang yang merisak IU.

WowKeren - Menjadi artis papan atas, IU tentu memiliki banyak fans sekaligus haters. Tak jarang haters memberikan banyak komentar pedas hingga fitnah. Sebut saja saat IU dituding melakukan plagiat atas enam lagu populernya termasuk "The Red Shoes" dan "Celebrity".

Tidak berhenti sampai di situ, IU bahkan dituding menjadi mata-mata Korea Utara. Ia dianggap dalam satu kelompok dengan mantan Presiden Moon Jae In.

Meski sempat dianggap tidak becus menangani kasus IU, pihak agensi akhirnya kini mulai menunjukkan taringnya. Pada Senin (7/8) waktu setempat, EDAM Entertainment mengumumkan jika pihaknya sedang dalam proses pengajuan tuntutan pidana terhadap semua orang yang merisak IU.

"Pada Mei lalu, kami telah mengajukan pengaduan ke kantor polisi Songpa, Seoul, untuk melaporkan pihak-pihak yang telah menyebarkan rumor palsu terkait IU, mulai dari klaim palsu bahwa IU adalah mata-mata Korut dan masih banyak lagi yang mencemarkan nama baik IU," ungkap perwakilan EDAM Entertainment dalam pernyataannya.

"Penyelidik cukup kesulitan karena terdakwa menolak untuk melanjutkan investigasi hingga hari ini, yang sudah hampir tiga bulan. Karena itu, tim kuasa hukum mendesak agar investigasi bisa dilakukan lebih cepat melalui penyerahan data tambahan dan pendapat tertulis," lanjutnya.


Soal isu plagiat, pihak EDAM Entertainment tidak menampik jika masalah ini membuat reputasi IU menjadi sedikit buruk. Tak tinggal diam, mereka pun telah mengumpulkan sejumlah bukti kuat dan bersiap melakukan gugatan.

"Sekitar Februari tahun ini, kami tahu bahwa reputasi artis kami menjadi rusak gara-gara isu plagiat yang disebarkan oleh penulis anonim di forum komunitas online. Sehubungan dengan itu, kami telah mengumpulkan lebih dari 1.700 data dan mengajukan gugatan pertama kami," beber pihak EDAM Entertainment. "Maret tahun ini, kami sudah menguggat sekitar 58 orang atas tuduhan pencemaran nama baik."

"Pada 6 Maret lalu, kami juga bekerja sama dengan kantor polisi Bangbae di Seoul untuk mengajukan gugatan terhadap 60 orang oknum yang menulis dan memposting hal-hal tidak pantas tentang IU dengan pasal tuduhan melanggar UU Hukuman Kekerasan Seksual," lanjutnya. "Sebagai tambahan, 7 Juli lalu, kami juga mengajukan gugatan di kantor polisi Songpa Seoul terhadap 21 orang yang telah menghina IU."

Di akhir pernyatannya, EDAM Entertainment memastikan para oknum tersebut akan mendapat balasan setimpal. Namun hal ini membutuhkan waktu lantaran mereka berjumlah cukup banyak dan tersebar di dalam maupun luar negeri.

"Meskipun membutuhkan waktu, untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama, kami akan terus mengupayakan pertanggungjawaban hukum kepada pada terdakwa. Kami sedang mempersiapkannya," tandasnya.

(wk/diah)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru